logo


Kementerian Koperasi dan UKM Gandeng 3 Perguruan Tinggi untuk...

Berikut ulasannya

9 Mei 2019 14:24 WIB

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Prof Rully Indrawan
Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Prof Rully Indrawan Doc Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng tiga perguruan tinggi untuk menyusun strategi nasional untuk pengembangan UMKM Indonesia.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Prof Rully Indrawan mengatakan Strategi Nasional tersebut dibutuhkan mengingat banyaknya Lementerian/Lembaga yang menangani UMKM di Indonesia yang belum ada pedoman utama agar semua dapat berkesinambungan mulai dari aspek pajak, akses keuangan, akses pembiayaan, inklusif gender, produktivitas, data, dan banyak hal lainnya.

Rully mengatakan ada tiga perguruan tinggi yakni SBM ITB, IPB, dan UI yang hadir pada rapat yang digelar di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM pada Selasa, 7 Mei 2019 yang lalu.


Arif Wibowo Resmi Pimpin Garuda Indonesia

Tiga perguruan tinggi itu bersama jajaran internal Kementerian Koperasi dan UKM sepakat Strategi Nasional pengembangan UMKM Indonesia diperlukan dan dipedomani oleh semua lini stakeholders agar regulasi yang dikeluarkan dan program yang dijalankan dapat bersinergi dan meningkatkan daya saing pelaku UMKM secara komprehensif tanpa saling tumpang tindih.

"UMKM selama ini berjalan auto pilot, dan pemerintah perlu hadir dalam hal-hal strategis,” ujar Rully didalam siaran pers yang diterima Jitunews.com, Kamis (9/5).

Dalam hal ini, Rully juga menyampaikan bahwa penyusunan Strategi Nasional adalah pekerjaan penting dan menargetkan pemerintah sudah memiliki Strategi Nasional pada 2020.

Wahh, Usai RUPS 6 Direksi Garuda Dicopot

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Raka Kisdiyatma