logo


Awas! Jangan Tidur Setelah Sahur Jika Tak Ingin Menanggung Risikonya

Ada beberapa risiko kesehatan yang ditimbulkan jika kamu langsung tidur usai makan sahur.

8 Mei 2019 16:27 WIB

Mengantuk setelah makan
Mengantuk setelah makan Istimewa
dibaca 31740 x

Umat Muslim yang melakukan ibadah puasa terbiasa melakukan santap sahur pada dini hari, yakni sekitar pukul 3 atau 4 pagi. Di hari biasa, kita biasanya masih terlelap dengan nyenyak pada jam-jam tersebt sehingga setelah kita makan sahur, rasa mengantuk pun biasanya akan langsung melanda.

Kebanyakan orang akan langsung menuruti rasa kantuk ini dan memilih untuk tidur setelah sahur. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, hal ini ternyata tidak baik bagi kesehatan. Apa saja dampaknya?

1. Badan semakin gemuk


Yuk Cek! Ini Tanda-tanda Tubuh Kamu Keracunan Gula

Jika pada saat sahur kamu mengonsumsi makanan berat dengan kadar yang berlebih seperti karbohidrat lalu kemudian langsung tidur, maka sari makanan yang tujuannya diubah menjadi energi menjadi tidak efektif. Makanan akan berubah menjadi tumpukan lemak pada lapisan epidermis kulit.

2. Mengalami gangguan pencernaan

Berpotensi meningkatkan refluks, yaitu kondisi dimana makanan belum dicerna secara maksimal. Makanan itu bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan karena pengaruh grativasi akibat kita tidur. Jika terjadi refluks, asam lambung bakal naik dan melukai kerongkongan. Efeknya, kerongkongan akan terasa panas seperti rasa terbakar dan mulut terasa pahit.

Buah yang Rasanya Pahit Ini Ternyata Menyimpan Segudang Manfaat Luar Biasa

Halaman: 
Admin : Kesdik Bayu