logo


Inilah 2 Perusahaan yang Menjadi Pemenang Penawaran WK Minyak dan Gas Bumi Konvensional Tahun 2019

Berikut ulasannya

7 Mei 2019 18:05 WIB

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar Doc Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah telah mengumumkan dua perusahaan sebagai pemenang Penawaran Wilayah Kerja (WK) Minyak dan Gas Bumi Konvensional Tahun 2019. Dua perusahaan itu adalah Kufpec Regional Ventures (Indonesia) Limited untuk WJ Anambas dan Konsorsium Sonoro Energy Ltd - PT Menara Global Energi untuk WK Selat Panjang.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan bahwa pihaknya telah menawarkan WK Migas yang terdiri dari 3 (tiga) WK Eksplorasi, yakni WK Anambas, WK West Ganal, dan WA West Kaimana, serta 2 (dua) WK Produksi yaitu WK Selat Panjang dan WK West Kampar.

“Jadi blok yang kita tawarkan lima dan empat diminati oleh beberapa perusahaan, namun demikian ada satu blok yaitu West Kampar yang membutuhkan waktu lebih untuk mengevaluasi, karena ini singkat hanya dua bulan maka karena membutuhkan waktu lebih jadi kita akan tender ulang. Jadi tetap ada yang berminat, ada dua yang berminat. Jadi dari 5 itu 4 yang diminati,” ujar Arcandra di Kementrian ESDM, Jakarta, Selasa (7/5).


Gelar Posko Nasional ESDM Hari Raya Idul Fitri 2018, Penggunaan Premium RON 88 Meningkat 23 Persen

Sedangkan untuk West Ganal, Arcandra mengatakan harus di tender ulang karena ada klarifikasi yang perlu didapatkan di tim sebelum diputuskan.

Menurutnya hal ini karenakan ada proses yang harus difikirkan dengan fear sehingga harus di tender ulang.

“Sekali lagi ini bukan karena tidak ada peminant. Peminatnya ada dua namun dengan berbagai alasan harus kita tender ulang,” tuturnya.

Menurutnya hal itu berbeda dengan WK Anambas dan WK Selat Panjang dimana penawarannya diatas yang dimintakan oleh pemerintah.

Insentif Migas, Dorong Investasi Pasti US$ 1 miliar

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Raka Kisdiyatma