logo


Mitos Langkahi Kakak Menikah Bisa Terkena Sial

Benarkah?

4 Mei 2019 18:44 WIB

https://www.brilio.net/selebritis/10-seleb-ini-sering-dikira-kakak-adik-dengan-putrinya-181215l.html
https://www.brilio.net/selebritis/10-seleb-ini-sering-dikira-kakak-adik-dengan-putrinya-181215l.html
dibaca 104 x

Menikah mungkin kesannya hanya menyatukan dua orang menjadi satu ikatan, tapi dalam prosesnya bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

Ada banyak aspek yang harus diperhatikan termasuk hal-hal yang bersinggungan dengan adat dan tradisi. Soal waktu misalnya, harus benar-benar diperhatikan. Tak asal tunjuk tanggal saja meskipun semuanya sebenarnya baik.

Demikian juga dengan mitos soal melangkahi, kamu yang orang Jawa pasti tahu jika menikah duluan sedangkan ada saudara perempuan yang lebih tua belum memiliki pasangan, maka hukumnya terlarang.


Waspada Aksi Penipuan Jodoh dan Bisnis Online yang Kian Marak

1. Mitos Akibat Dilangkahi

Konon, jika ada seorang kakak yang dilangkahi oleh sang adik dalam urusan pernikahan, maka ia akan mengalami kesulitan untuk menemukan jodoh. Bisa-bisa nggak laku nikah dan jadi perawan tua.

Kesan buruk juga akan menimpa sang adik, karena orang-orang akan beranggapan jika si adik tidak sopan. Tak hanya itu, pernikahan yang melangkahi kakaknya, maka akan berujung pada perceraian atau hal-hal tidak menyenangkan lain.

2. Ritual yang Dilakukan

Namun, ada semacam ritual yang harus dijalani untuk mementalkan nasib buruk yang dipercaya akan menimpa sang kakak yang dilangkahi atau si adik yang bakal menjalani rumah tangga.

Prosesi yang dilakukan adalah menggigit janur sebanyak tiga kali, kemudian sang ibu akan memecutkan janur tersebut pada si kakak sebanyak tiga kali. Setelah itu, janur tersebut akan disimpan di kolong tempat tidur kakak, hal itu dipercaya agar jodohnya cepat datang.

3. Tanda Mata dari Adik

Di beberapa daerah, dianjurkan bagi adik untuk memberikan tanda mata sebelum mendahului kakak untuk menikah. Memang awalnya di anggap matrealistis tetapi anggap saja ungkapan terima kasih atas pengertian si kakak yang bersedia dilangkahi.

4. Simbol Penghormatan

Penghormatan ini biasanya dilakukan dengan membuat tumpeng dari nasi putih. Sajian lancip ini sendiri dimaknai sebagai keluhuran hati si kakak.

source : boombastis

Ditulis oleh: JOJO official

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Selain Mihawk dan Shanks, Inilah 4 Pendekar Pedang Hebat Lainnya di One Piece!

Halaman: 
Admin : Raka Kisdiyatma