logo


Jonan: Setelah Tahun 2041, Mudah-mudahan Anak-anak Kita Bisa Mengelola Freeport

Jonan meminta kepada semua pihak untuk bersama menjaga dan lingkungan sekitar tambang

3 Mei 2019 08:46 WIB

Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, saat melakukan kunjungan kerja ke Papua, Kamis (2/5)
Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, saat melakukan kunjungan kerja ke Papua, Kamis (2/5) KESDM

PAPUA, JITUNEWS.COM - Pasca-akuisisi 51% saham PT Freeport Indonesia (PT FI) oleh PT Inalum, Indonesia masih memiliki waktu 20 tahun untuk belajar bersama operator tambang saat ini, sebelum sepenuhnya dikelola bangsa Indonesia pada tahun 2041 mendatang.

Sebagaimana diutarakan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, tambang PT Freeport Indonesia merupakan salah satu tambang bawah tanah yang memiliki kompleksitas tinggi, sehingga kesempatan 20 tahun untuk belajar mengelola tambang ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin agar siap dikelola sepenuhnya oleh putera-puteri terbaik bangsa pada tahun 2041.

"Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dalam proses pengalihan saham 51% saham PT Freeport Indonesia mengatakan kepada saya, kira-kira kalau pengalihan saham PT Freeport Indonesia 51% bagaimana? Saya bilang cukup Pak untuk 20 tahun ke depan sampai tahun 2041. Nah, dalam proses ini adalah proses bagaimana putera-puteri bangsa terutama putra dan puteri Papua itu belajar mengelola pertambangan yang sedemikian hebat, yang sedemikian kompleks dan rumit, ini mungkin termasuk kegiatan pertambangan bawah tanah yang paling komplek di dunia," ujar Jonan.


Fiji Lirik Sektor Turisme dan Sektor Energi Indonesia

Kesempatan belajar selama 20 tahun ini dapat dimanfaatkan putera-puteri Papua agar kelak ada putera-puteri Papua yang menjadi pimpinan di PT FI.

"Nah, ini ada 20 tahun untuk belajar, nanti anak-anak yang masih pakai baju merah dan putih dan juga anak-anak yang masih remaja sekarang mungkin bisa jadi pemimpin PT Freeport Indonesia di masa mendatang. Setelah tahun 2041, mudah-mudahan anak-anak kita bisa mengelola PT Freeport Indonesia di masa depan sepenuhnya," lanjut Jonan.

Wamen ESDM: Saya Percaya Jika Kebijakan adalah...

Halaman: 
Penulis : Riana