logo


Penerapan Zona Integritas Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Pembangunan zona integritas pada kawasan bandara dan pelabuhan merupakan role model spirit island of integrity bagi terciptanya integritas dan pelayanan publik yang baik

2 Mei 2019 21:32 WIB

Menteri PANRB, Sayfruddin, bersama Ketua KPK, Agus Rahardjo, dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat menandatangani Deklarasi Pencanangan Zona Integritas Kawasan Pelabuhan dan Bandara di Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (2/5).
Menteri PANRB, Sayfruddin, bersama Ketua KPK, Agus Rahardjo, dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat menandatangani Deklarasi Pencanangan Zona Integritas Kawasan Pelabuhan dan Bandara di Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (2/5). KemenPANRB

Syafruddin mengatakan, dalam tiga tahun terakhir pembangunan zona integritas di kementerian dan lembaga berkembang sangat pesat. Ini menunjukan kuatnya komitmen pemerintah untuk menghadirkan pelayanan publik berintegritas yang terbebas dari korupsi.

"Capaian ini tentu harus diapresiasi karena menandai semakin akuntabelnya aspek keuangan dan hukum," tuturnya. Keduanya merupakan unsur yang sangat penting terlaksananya demokrasi dan pembangunan di Indonesia.

Pembangunan zona integritas dengan mewujudkan unit kerja berpredikat WBK dan WBBM tidak mudah. Hal ini dikarenakan zona integritas menyaratkan perbaikan internal organisasi secara nyata, sistematis dan berkelanjutan dari level pimpinan hingga pelaksana.


Menteri PANRB: ASN Jangan Masuk Hirup Pikuk Politik

"Saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah percaya dan memberikan komitmenya terhadap pembangunan zona integritas," ujar Syafruddin.

Menurutnya, agar pelaksanaan zona integritas dapat berjalan dengan baik maka perlu dilakukan perubahan pola pikir dan budaya kerja secara konsisten untuk menanamkan budaya kerja bersih dan melayani.

Penguatan pengelolaan manajemen SDM dengan menegakkan disiplin dan profesionalisme. Peningkatan efektivitas dan efisiensi sistem internal organisasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Peningkatan kualitas pelayanan publik sesuai standar internasional.

"Momentum ini adalah simpul perjuangan kita sebagai generasi penerus aparatur negara untuk wujudkan Indonesia yang maju," harap Syafruddin.

Mahasiswa UMJ Belajar Kepemimpinan dan Integritas di Kementerian PANRB

Halaman: 
Penulis : Riana