logo


Penerapan Zona Integritas Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Pembangunan zona integritas pada kawasan bandara dan pelabuhan merupakan role model spirit island of integrity bagi terciptanya integritas dan pelayanan publik yang baik

2 Mei 2019 21:32 WIB

Menteri PANRB, Sayfruddin, bersama Ketua KPK, Agus Rahardjo, dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat menandatangani Deklarasi Pencanangan Zona Integritas Kawasan Pelabuhan dan Bandara di Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (2/5).
Menteri PANRB, Sayfruddin, bersama Ketua KPK, Agus Rahardjo, dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat menandatangani Deklarasi Pencanangan Zona Integritas Kawasan Pelabuhan dan Bandara di Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (2/5). KemenPANRB

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin, mengatakan, bandara dan pelabuhan menjadi gerbang utama bagi masuknya investasi dalam penguatan perekonomian Indonesia.

Perbaikan kinerja dan pelayanan publik di kedua area tersebut menjadi hal yang sangat fundamental dan strategis untuk membangun kemandirian ekonomi.

"Pembangunan zona integritas pada kawasan bandara dan pelabuhan merupakan role model spirit island of integrity bagi terciptanya integritas dan pelayanan publik yang baik," ujar Syafruddin, dalam acara Deklarasi Komitmen bersama Pembangunan Zona Integritas di Kawasan Pelabuhan dan Bandar Udara di Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (2/5).


Menteri PANRB: ASN Jangan Masuk Hirup Pikuk Politik

Hal ini sejalan dengan strategi penguatan ekonomi nasional yaitu menjadikan Indonesia sebagai salah satu destinasi terbaik investasi dunia.

"Bappenas telah menghitung persepsi optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia masuk dalam lima besar di dunia," tukas Syafruddin.

Lebih lanjut, Syafruddin mengatakan, melalui pembangunan zona integritas, masyarakat dapat merasakan langsung perbaikan kualitas pelayanan publik. Tata kelola lintas instansi pada kawasan strategis ini akan semakin terpadu.

"Seluruh negara di dunia berpacu menghadirkan tata kelola pemerintahan terbaik untuk kesejahteraan rakyatnya," ucap Syafruddin.

Pembangunan zona integritas akan menciptakan budaya melayani, budaya kinerja, dan budaya integritas sebagai bagian dari mengakselerasi reformasi birokrasi. Setiap unit kerja yang berpredikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) akan menjadi proyek percontohan perubahan kualitas pelayanan pemerintahan.

Mahasiswa UMJ Belajar Kepemimpinan dan Integritas di Kementerian PANRB

Halaman: 
Penulis : Riana