logo


Tips Jitu Mengkilapkan Daun Anthurium

Anthurium menawarkan pesona daun hijau bergelombang yang mengkilap

27 Februari 2015 14:19 WIB

Anthurium Merah
Anthurium Merah

JITUNEWS.COM - Anthurium mungkin sudah dikenal berbagai kalangan, apalagi penggemar tanaman hias. Namun bagi orang awam terkadang bingung anthurium itu jenis tanaman apa. Salah satu jenis anthurium adalah gelombang cinta yang sempat booming beberapa tahun silam. Bagaimana, sudah tahu kan anthurium seperti apa ?

Dikenal sebagai tanaman hias daun, tak heran jika keistimewaan anthurium terletak pada bentuk dan corak daunnya yang begitu indah nan unik. Seperti Anthurium Jenmanii yang berjuluk Sang Raja Anthurium Daun. Julukan tersebut disandang tanaman ini karena memiliki tekstur daun yang tebal, bertangkai pendek dan tepi daunnya yang tampak bergelombang. Selain itu, saat muda daunnya sedikit agak merah, sedangkan bila sudah tua daunnya berwarna hijau. Beberapa keistimewaan tersebut membuat tanaman ini memiliki harga jual yang lebih mahal ketimbang anthurium lain.

Kemudian ada Anthurium Hookeri, yang dikenal dengan sebutan anthurium sarang burung. Disebut demikian karena susunan daunnya tumbuh seperti sarang burung, semakin ke atas, daunnya melebar, dan cenderung rebah. Cantiknya lagi, Daun tanaman ini halus dan tidak berbulu, serta menyajikan warna hijau muda yang mengkilap nan tebal. Lalu bagaimana anthurium kesayangan bisa tampil prima ?


Tips Jitu Merawat Bunga Kemuning Agar Tumbuh sehat dan Rajin Berbunga

Berbeda dengan tanaman hias bunga yang menyajikan warna-warni bunga nan indah, anthurium menawarkan pesona daun hijau bergelombang yang mengkilap. Untuk mengkilapkan daun anthurium ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Langkah pertama adalah perhatikan kesehatan anthurium Anda secara menyeluruh, mulai dari akar, batang, hingga daunnya. Jangan sampai ada hama yang menggerogoti sang anthurium.  

Kemudian barulah mulai proses mengkilapkan daun anthurium agar tampak memesona. Caranya, gunakan air dan kapas untuk mengelap daun anthurium secara rutin setiap hari. Tak hanya dengan air, seminggu sekali gunakan susu sapi segar, ataupun santan untuk mengelap daun anthurium. Penggunaan bahan tersebut berfungsi untuk menajamkan warna daun anthurium.  

Meski demikian, jangan terlalu sering menggunakan bahan tersebut dalam jumlah banyak. Sebabnya, penggunaan bahan tersebut dalam jumlah banyak bisa membuat daun anthurium cepat menguning. Selain itu, perawatan anthurium juga berbeda-beda pada setiap wilayah. Faktor suhu, iklim dan ketinggian akan sangat mempengaruhi kelembaban udara yang merupakan faktor penting dalam perkembangan daun anthurium.

Tips Jitu Menanam dan Merawat Tanaman Aster

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah