logo


Kecewa dengan Program Swasembada Bawang, Komisi VI Minta KPK Turun Tangan

Wachid menyebut program swasembada bawang putih yang digagas Kementan tidak berjalan dengan baik

26 April 2019 13:58 WIB

Abdul Wachid, Komisi VI DPR RI
Abdul Wachid, Komisi VI DPR RI istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Perdagangan menerbitkan izin impor 115.000 ton bawang putih. Izin ini diberikan kepada delapan perusahaan dengan tujuan untuk menurunkan harga bawang putih yang melonjak di pasaran jelang bulan puasa.

Anggota Komisi VI DPR RI, Abdul Wachid, mengaku kecewa dengan program swasembada bawang yang pernah digagas Kementan bersama pemerintah daerah, pasalnya program itu ternyata tidak berjalan alias gagal.

Menurutnya, Menteri Pertanian (Mentan) pada 2016-2020 pernah memiliki program swasembada bawang Putih. Dan hal itu telah diputuskan bersama Komisi 4 DPR RI, dimana anggarannya cukup besar. Kerjasama dengan Pemda yang mempunyai daerah persawahan di dataran tinggi.


Kapal Ternak Sebagai Wujud Implementasi Program Tol Laut

"Program tersebut melekat dengan para importir yang mendapat ijin impor diwajibkan menanam bawang putih sektar 10 Persen dari ijin impor pelaksanaannya kerja sama dengan petani binaan dan pemda," ujar Wachid di Jakarta, Jumat (26/4).

Atas dasar itulah, Wachid menduga jangan-jangan importir hanya sekedar mendapat ijin impor, tapi tidak mau menanam bawang putih.

Tenang! Jelang Ramadan Sektor Pangan, Transportasi, Stok BBM Terjamin

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata