logo


Mahasiswa UMJ Belajar Kepemimpinan dan Integritas di Kementerian PANRB

Materi terkait kepemimpinan dan integritas ini dibawakan oleh Staf Ahli Bidang Budaya Kerja Kementerian PANRB, Teguh Widjinarko.

25 April 2019 13:59 WIB

Staf Ahli Bidang Budaya Kerja Kementerian PANRB, Teguh Widjinarko.
Staf Ahli Bidang Budaya Kerja Kementerian PANRB, Teguh Widjinarko. KemenPANRB

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Sebanyak 92 mahasiswa jurusan ilmu Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melakukan kunjungan ke kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Rabu (24/).

Rombongan yang didampingi Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMJ, Mawar, ini mempelajari implementasi kepemimpinan dan pendidikan anti korupsi di dalam pemerintahan.

Materi terkait kepemimpinan dan integritas ini dibawakan oleh Staf Ahli Bidang Budaya Kerja Kementerian PANRB, Teguh Widjinarko.


Tahun Depan, MenPANRB Targetkan Pemerintah Sudah Terapkan SPBE

Ia menjelaskan, ada beberapa karakter mendasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

“Karakter tersebut antara lain integritas, percaya diri, menginspirasi, dan bersemangat,” ujar Teguh, dengan didampingi Plt. Kabag. Komunikasi Publik dan Pelayanan Informasi, Wasito.

Teguh melanjutkan, pemimpin juga harus memiliki visi ke depan, mengkomunikasikannya dengan baik, jelas dan konsisten kepada seluruh bawahan, sehingga bawahan akan menjalankan tugas dengan baik.

Ia juga menambahkan, sosok pemimpin yang baik merupakan pribadi yang terbuka dan mau mendengarkan masukan dari anggotanya.

“A leader is one who knows the way, goes the way, and shows the way,” ungkapnya mengutip kalimat dari buku The 21 Irrefutable Laws of Leadership karya John Calvin Maxwell.

Teguh menuturkan, pentingnya seorang pemimpin memberi kesempatan bicara pada rekan timnya.

“Setiap orang punya hak bicara, tapi yang perlu diingat setiap orang juga berhak untuk didengar. Maka sebagai pemimpin kemampuan mendengar mutlak diperlukan,” tuturnya.

Menteri Syafruddin Perkuat Hubungan Bilateral Dengan Dubes Bahrain

Halaman: 
Penulis : Riana