logo


Buka Inacraft, Presiden Dorong IKM Kerajinan Dobrak Pasar Internasional

Presiden Joko Widodo menyebutkan potensi industri kecil dan menengah (IKM) kerajinan masih sangat luas.

24 April 2019 21:28 WIB

Presiden Jokowi meresmikan INACRAF 2019 di JCC Rabu 24 April 2019.
Presiden Jokowi meresmikan INACRAF 2019 di JCC Rabu 24 April 2019. Biro Pers Setpres

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo menyebutkan potensi industri kecil dan menengah (IKM) kerajinan masih sangat luas. Saat ini, jumlah IKM kerajinan sudah mencapai 700 ribu unit dan menyerap hampir 1,3 juta tenaga kerja.

Hal tersebut disampaikan Presiden saat dirinya menghadiri sekaligus membuka The 21st Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2019 yang dihelat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Rabu, 24 April 2019.


Kumpulan Pertanyaan Netizen Tentang Situng KPU, "Input Data Jateng Kok Lebih Banyak dari Jabar? Padahal..."

Presiden juga menyebut ekspor produk kerajinan dari Indonesia terus meningkat. Padahal, itu baru 1,26 persen dari total pangsa pasar dunia.

"Masih sangat kecil sekali dan masih bisa kita tingkatkan lebih besar lagi. Bayangkan kalau pangsa pasar naik artinya akan lebih banyak IKM kita yang berkembang dan lebih banyak lagi tenaga kerja yang bisa terangkut dari kegiatan kerajinan kita ini," ujarnya.

Untuk itu, Presiden mendorong IKM kerajinan untuk terus kreatif dan inovatif dalam mendobrak pasar. Ia juga ingin agar produk-produk kerajinan Tanah Air bisa melakukan penetrasi ke pasar Internasional.

"Mencari pasar-pasar nontradisional, meningkatkan kualitas produk, meningkatkan estetika dari produk-produk kerajinan Indonesia, kemudian brand-brand juga harus terus ditingkatkan," katanya.

Terkini! Ini Perolehan Suara Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi di Pulau Jawa!

Halaman: 
Penulis : Marselinus Gunas, Kesdik Bayu