logo


Hari Bumi, Jonan Rilis Taksi Listrik Pertama di Indonesia

Untuk mendukung mobil listrik ini, PLN akan membangun stasiun pengisian listrik umum (SPLU) di berbagai lokasi.

22 April 2019 20:50 WIB

Taksi Listrik
Taksi Listrik ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bersamaan dengan Peringatan Hari Bumi yang jatuh pada Senin, 22 April 2019, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, meluncurkan armada taksi listrik atau e-Taxi milik PT Blue Bird Tbk (BIRD), di Jakarta.

Untuk tahap awal Blue Bird menggunakan 25 unit pabrikan BYD dan 5 unit Tesla di jajaran produk Bluebird dan Silvebird yang akan ditingkatkan keseluruhan menjadi sebanyak 200 mobil Iistrik hingga tahun 2020.

Jonan mengapresiasi peluncuran taksi listrik pertama itu, karena menurutnya upaya ini sejalan dengan upaya Pemerintah melakukan diversifikasi energi dengan energi yang lebih ramah lingkungan.


Klaim Investasi Migas Makin Bergairah, Arcandra: 18 Perusahaan Antri Ikut Lelang

“Kami mengucapkan selamat kepada PT Blue Bird yang telah memelopori penggunaan taksi dengan kendaraan listrik 100% (fuel e-charging). Kami sangat mendukung upaya yang dilakukan PT Blue Bird ini dan saya kira Kementerian lain, termasuk Kementerian Lingkungan Hidup juga mendukung ini, karena mobil ini mengeluarkan emisi yang lebih rendah dan polusi yang lebih kecil,” ujar Jonan, di Jakarta, Senin (22/4).

Untuk mendukung mobil listrik ini, menurut Jonan, PLN akan membangun stasiun pengisian listrik umum (SPLU) di berbagai lokasi.

Untuk sementara ini, PLN sudah membangun sekitar 1.600 SPLU. Tahun ini akan dibangun minimal 2.000 SPLU, terutama di wilayah Jabodetabek.

Sementara, untuk mempercepat proses pengisian baterai (charging) taksi listrik, dapat meminta bantuan PLN untuk membangun SPLU 40 KV, yang dapat men-charging dengan cepat yakni sekitar 25 menit per mobil. Hal ini akan sangat membantu dalam proses mengisi daya baterai taksi listrik yang dimiliki.

Usai Lebaran, PLN Terbitkan Global Bond USD 2 Miliar

Halaman: 
Penulis : Riana