logo


Perhatikan, Apakah Lidahmu Punya Tanda Seperti Ini? Bisa Jadi Gejala Kanker Lidah!

Gejala dari kanker lidah cukup sulit untuk diketahui lebih awal karena biasanya tidak menimbulkan rasa sakit.

22 April 2019 16:52 WIB

Warna lidah sebagai pendeteksi penyakit
Warna lidah sebagai pendeteksi penyakit Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebagai pengecap rasa, lidah merupakan salah satu organ penting yang berada di mulut. Walupun jarang terlihat, organ ini tak luput dari serangan penyakit. Bahkan penyakit seperti kanker lidah pun bisa menyebabkan kematian.

Timbulnya bintik merah di lidah atau bintik putih di lidah bisa menjadi pertanda awal munculnya kanker lidah. Lidah bintik merah ini bisa berkembang pada gusi atau daerah sekitar mulut lainnya.

Baca juga: Sayur Ini Harganya Murah Tapi Manfaatnya Bagi Kesehatan Sungguh Luar Biasa!


Bumil Wajib Tahu! Ini Makanan yang Bisa Menguatkan Janin

Segera lakukan pemeriksaan jika lidah bintik-bintik merah yang menimbulkan rasa sakit, berubah warna, dan tak kunjung sembuh selama 14 hari. Awal munculnya kanker lidah bisa dideteksi dokter gigi yang terlatih mengamati perubahan halus dalam jaringan.

Menurut situs doktersehat.com, stadium awal kanker lidah juga ditandai dengan munculnya benjolan pada lidah yang bisa dengan mudah berdarah. Penyakit ini juga bisa menyebabkan rasa sakit saat mengunyah dan menelan.

Tanda lain yang bisa kamu waspadai adalah hilangnya kemampuan mengecap rasa atau mati rasa serta terjdinya perubahan suara.

Sayur Ini Harganya Murah Tapi Manfaatnya Bagi Kesehatan Sungguh Luar Biasa!

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu