logo


Air Radiator Mobil Kamu Cepat Habis? Ini 5 Penyebabnya

Air radiator mobil harus sering dirawat dan di cek rutin, namun sering kali terjadi air radiator mobil cepat habis padahal belum lama diisi. Apa penyebabnya?

22 April 2019 14:02 WIB

Ilusstrasi Mobil Mogok
Ilusstrasi Mobil Mogok autos.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sistem air radiator merupakan salah satu komponen pada mesin mobil yang berguna untuk mendinginkan atau mengurangi panas mesin mobil.

Radiator memiliki peranan yang sangat penting bagi sebuah mesin untuk sistem pendinginan. Jika sudah tak normal, bisa mengakibatkan mesin mobil panas dan mati nantinya. Kamu juga bisa mewaspadai jika air radiator mobil cepat habis, ini bisa menjadi indikasi sistem radiator yang tidak beres.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu Kalau Vespa Matic Punya Spek Oli Sendiri


Biar Gak Rugi, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini Saat Beli Supercar Bekas

Apa penyebab air radiator mobil cepat habis dan panas? Melansir dari Futuready.com, berikut ini yang perlu kamu ketahui.

1. Tutup radiator

Pada umumnya, tutup radiator dilengkapi dengan pengait sebuah sebuah katup didalamnya. Katup tersebut berfungsi untuk menjaga air radiator ketika dalam keadaan panas. Apabila tekanan katup telah lemah atau rusak, sebaiknya kamu segera menggantinya. Sebelum kamu menggantinya, kamu juga perlu mengecek pengait tutup radiatornya terlebih dahulu. Segera ganti jika pengaitnya sudah selek atau keropos.

2. Sirip radiator bocor

Sirip radiator yang mengalami kebocoran bisa juga menjadi penyebab air radiator mobil cepat habis. Sebaiknya sering untuk mengecek rutin pada bagian tersebut, sehingga bila terjadi kebocoran maka kamu bisa segera mengatasinya.

Banyak yang Belum Tahu Kalau Vespa Matic Punya Spek Oli Sendiri

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu