logo


Hari Kartini, Sri Mulyani: Saya Meminta Kartini Kemenkeu Harus Mampu…

Kata Menkeu, perjuangan dan pemikiran Kartini adalah sumber inspirasi bagi para wanita yang hingga kini masih sangat relevan.

22 April 2019 09:00 WIB

Menkeu, Sri Mulyani
Menkeu, Sri Mulyani Kemenkeu

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, memperingati Hari Kartini dengan berdialog bersama para sosok Kartini di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pembicaraan mereka seputar karier dan generasi baru perempuan di kementerian yang ia pimpin.

Sri Mulyani dan sebelas orang pegawai wanita muda Kemenkeu kompak memakai pakaian bernuansa putih dan duduk bersama di ruang makan.

Saat itu, ia membahas tantangan dan harapan para wanita dalam karier serta peran laki-laki untuk membantu kesetaraan gender.


Ini Pesan Menkeu Pada Penerima Beasiswa LPDP di Amerika

"Saya meminta Kartini Kemenkeu harus mampu menggunakan pengalaman mereka untuk dapat menyusun dan mempengaruhi kebijakan nasional yang dapat memahami tantangan dan kebutuhan perempuan, dan menerjemahkan perbedaan gender dalam kebijakan publik," tulis Sri Mulyani, di akun Instagramnya di Hari Kartini, Minggu (21/4).

Menurut Sri Mulyani, perjuangan Kartini itu tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun juga bagi perempuan lainnya dalam memperoleh persamaan hak dan kesempatan untuk maju.

Dia juga mengatakan, para wanita mengadapi tantangan yang lebih besar, yakni sebagai seorang perempuan yang bekerja di kantor dan juga sekaligus menjadi ibu dan istri di rumah.

Karena itu, Sri Mulyani meminta, para Kartini di Kemenkeu menggunakan pengalaman mereka untuk mempengaruhi kebijakan nasional yang lebih memahami tantangan dan kebutuhan perempuan.

"Lalu menerjemahkan perbedaan gender dalam kebijakan publik sehingga Indonesia menjadi negara yang memberikan kesempatan yang adil bagi perempuan dan laki-laki," jelasnya.

Saat ini, tegas dia, perjuangan dan pemikiran Kartini adalah sumber inspirasi bagi para wanita yang hingga kini masih sangat relevan.

"Kartini tidak berjuang hanya untuk dirinya sendiri, namun beliau berjuang untuk perempuan-perempuan lain dalam memperoleh persamaan hak dan kesempatan untuk maju dan berperan positif dalam keluarga, masyarakat, negara dan dunia. Semangat itulah yang saya lihat dan temui dari para Kartini Kemenkeu, dan saya berharap semangat itu ada di hati dan pikiran seluruh perempuan Indonesia," tuntasnya.

Ini Rangkuman Pertemuan Menkeu di Sela-Sela Spring Meetings IMF-WBG 2019

Halaman: 
Penulis : Riana