logo


Usai Lebaran, PLN Terbitkan Global Bond USD 2 Miliar

Penerbitan surat utang ini untuk menambah modal perusahaan

22 April 2019 08:25 WIB

Dirut PLN Sofyan Basir.
Dirut PLN Sofyan Basir. Jitunews/Latiko Aldilla DIrga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan menerbitkan surat utang global atau global bond pada semester satu tahun 2019. Adapun, surat utang yang akan diterbitkan senilai USD 2 miliar.

Direktur Utama PT. PLN, Sofyan Basir, mengatakan, penerbitan surat utang ini untuk menambah modal perusahaan. Kemudian, untuk pelunasan utang yang sudah jatuh tempo.

"Mudah-mudahan semester ini mungkin setelah lebaran. Ini lagi dibuat beauty contestnya," kata Sofyan, di Jakarta, belum lama ini.


Tahun Ini, PLN Targetkan Pembangunan Transmisi Lisrik Sumatra Bagian Utara dan Selatan Kelar

Sofyan menjelaskan saat ini perusahaan masih melakukan pembahasan mengenai penawaran tenor surat utang tersebut. Namun, kata Sofyan, ada dua kemungkinan, bertenor 10 tahun atau 15 tahun.

Ia merinci bahwa dana perolehan yang nantinya terkumpul akan gunakan perusahaan untuk menambah modal perusahaan untuk menyelesaikan beberapa proyek pembangunan pembangkit dan transmisi. Sisanya juga akan digunakan oleh perusahaan untuk melunasi utang yang jatuh tempo. Sayangnya, Sofyan enggan merinci porsi tersebut.

"Capex internal per tahun Rp 90 triliun. Nah nanti itu ditambah sama global bond buat modal proyek dan melunasi utang jatuh tempo," tukasnya.

Ia menuturkan, proyek tersebut antara lain adalah membangun transmisi dan mengejar elektrifikasi daerah terpencil. Ia mengatakan masih banyak proyek pembangkit dan juga pemasangan listrik gratis di daerah remote yang perlu dikejar penyelesaiannya tahun ini.

 

Genjot Rasio Elektrifikasi di NTT, PLN Sambung Listrik Gratis untuk 11.000 KK Tidak Mampu

Halaman: 
Penulis : Riana