logo


Premium Bakal Naik Atau Tidak? Bos Pertamina Angkat Suara

Nicke mengatakan, diperlukan persiapan untuk melakukan penyesuaian harga Premium

12 Oktober 2018 21:58 WIB

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati Ist

NUSA DUA, JITUNEWS.COM - Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, angkat suara ihwal maju-mundurnya penetapan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium.

Sebagaimana diketahui, Rabu (10/10) lalu, dalam jeda satu jam kebijakan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) berubah-ubah.

Dari yang semula ingin dinaikkan, lantas diumumkan dibatalkan. Pengumuman batal naiknya harga BBM Premium diumumkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).


Harga Premium Batal Naik, Gerindra: Jika Gentleman, Jokowi Harus Minta Maaf

Terkait hal itu, Nicke menegaskan bahwa dalam menetapkan harga Premium, pihaknya tak bisa melakukan intervensi berlebihan.

“Jadi, bukan permasalahan siap atau tidak siapnya perseroan. Itukan regulasi yang ditetapkan regulator. Pertamina ikuti regulator, kalau tidak naik ya tidak dijalankan,” beber Nicke saat ditemui di sela-selan Annual Meeting IMF-World Bank Group (WBG) 2018 di Nusa Dua, Bali, baru-baru ini.

Untuk penetapan harga Premium sendiri, dia menuturkan terdapat beberapa variabel yang menjadi pertimbangan. Salah satunya kemampuan daya beli masyarakat.

“Ada ketentuan yang mengenakan penetapan harganya oleh koordinasi 3 menteri. Mengenai penetapan harganya, ada beberapa variabel yang digunakan termasuk kemampuan daya beli dan sebagainya,” sambungnya.

Lebih jauh, Nicke mengatakan, diperlukan persiapan untuk melakukan penyesuaian harga Premium.

“Memang kami perlu waktu karena itu ada mekanismenya,” tuntasnya.

 

Gaet Perusahaan Taiwan, Pertamina Garap Proyek Komplek Petrokimia

Halaman: 
Penulis : Riana