logo


Gunung Salak Dikabarkan Erupsi, PVMBG: Tidak Benar!

Gunung Salak saat ini masih berada pada tingkat aktivitas Level I (Normal)

12 Oktober 2018 17:55 WIB

Gunung Salak
Gunung Salak Instagram/aniyudhoyono

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kasbani, menampik kabar yang beredar di masyarakat mengenai informasi satelit yang mengindikasikan adanya erupsi Gunungapi Salak pada Rabu (10/10) lalu.

"Hasil observasi lapangan yang dilakukan secara langsung oleh pengamat Gunung Salak hingga pukul 20:00 WIB tidak teramati adanya jatuhan/hujan abu vulkanik dan tidak terdengar suara dentuman baik di wilayah puncak Gunung Salak maupun di sekitar lerengnya seperti di wilayah Taman Nasional Cidahu," ujar Kasbani, dikutip dari laman esdm.go.id, Jumat (12/10).

Kasbani menuturkan, pengamatan visual Gunungapi Salak dari periode Oktober 2018 pada umumnya cuaca cerah hingga hujan, angin lemah ke arah selatan dan utara. Suhu udara sekitar 22-29 ?C, dan kelembaban 92%.


Pemerintah, Jangan Main-main dengan Harga BBM!

“Gunungapi terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III. Asap nihil. Pemantauan visual pada sore hari hingga saat ini Gunung Salak umumnya tertutup kabut dan cuaca hujan,” paparnya.

Dua Lokasi Likuifaksi di Palu Bakal Dibuat Ruang Terbuka Hijau

Halaman: 
Penulis : Riana