logo


Bahaya, Ini yang Terjadi Jika Kalian Hobi Gigit Kuku

Akibat menggigit kuku, seorang pelajar didiagnosa menderita kanker

12 Oktober 2018 16:40 WIB

gigit kuku
gigit kuku
dibaca 134 x

Courtney Whithorn, pelajar asal Australia ini harus merelakan jempol tangannya untuk diamputasi. Hal ini disebabkan oleh Courtney sering mengigit kuku jempolnya  hingga habis. Kuku jempolnya bahkan tidak tumbuh kembali. Selain itu, ia harus rutin melakukan cek darah dan scan untuk mengetahui penyakitnya ini merambah ke organ lain atau tidak.

Awalnya, Courtney merasa ada yang aneh dengan jempolnya. Jari jempolnya ini menghitam. Karena semakin parah, ia membenarikan diri untuk memeriksakan ke dokter. Betapa terkejutnya Courtney saat itu, hasil diagnosis dokter menyatakan ia terjangkit kanker yang di dalam dunia medis disebut Acral Lentiginous Subungal Melanoma. Kanker tersebut salah satu penyebab utamanya adalah sering menggigit kuku.

Berbagai operasi telah ia jalani untuk menyelamatkan jempolnya. Tapi sayang, dokter memutuskan harus melakukan amputasi pada ibu jarinya itu. Dokter pun tidak menyangka bakal separah ini karena diagnosis pertama dokter Courtney salah penggunaan komestik dan harus dilakukan operasi plastik. Untungnya, langkah tersebut belum diambil oleh dokter Courtney, sebelum operasi yang pertama dokternya merasa ada yang aneh dengan penyakitnya Courtney sehingga dokter memutuskan untuk melakukan biopsi. Dan dari hasi biopsi tersebut, Courtney dinyatakan mengidap kanker.


Tak Hanya Bayam, Ini Makanan yang Mengandung Vitamin K

Mulai sekarang yang hobi gigitin kuku, stop ya. Dari pengalaman Courtney ini alangkah baiknya kita membersihkan kuku menggunakan gunting kuku yang banyak dijual di pasaran. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Ditulis oleh: Nugroho Meidinata

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Jangan Buang Biji Buah Ini, Kaya Manfaat

Halaman: 
Admin : Aurora Denata