logo


Tampang Imut, Tapi Ikan Ini Punya Racun yang 1.200 Kali Lebih Kuat dari Sianida!

Siapa sangka, dibalik tampang imutnya, ikan ini punya racun yang sangat berbahaya.

12 Oktober 2018 15:16 WIB

Ikan Buntal / Fugu
Ikan Buntal / Fugu harustahu.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ikan fugu atau biasa kita kenal sebagai ikan buntal yang mempunyai tampang imut dan agak aneh. Ikan buntal juga sering dikonsumsi, khususnya di negara Jepang karena dinilai memiliki rasa yang sangat nikmat. Ikan Buntal memang bisa dimakan, tetapi hanya ketika disiapkan oleh koki profesional dan punya lisensi khusus. Kenapa?

Siapa sangka, dibalik tampang imutnya, ikan ini punya racun yang sangat berbahaya. Hampir semua jenis ikan buntal mengandung racun yang disebut tetrodotoxin. Dilansir dari laman ketahui.com.

Baca juga: Wolffish, Ikan Monster Penghuni Dasar Laut yang Sanggup Telan Anak Kecil


Jangan Sembarangan Pakai Obat Kuat, Resikonya Tanggung Sendiri!

Tetrodotoxin adalah salah satu racun alam yang paling fatal, dimana racun ini 1.200 kali lebih berbaya dibandingkan dengan sianida. Meskipun orang dewasa mengkonsumsinya sebanyak 0,001 miligram, tetapi tetap saja akan berakibat fatal.

Racun ini menyerang sistem saraf dan digunakan sebagai mekanisme pertahanan terhadap predator fugu, selain menggembung tubuhnya. Sayangnya, manusia tidak punya kekebalan terhadap racun ini, yang membuatnya sangat mematikan.

Tetrodotoxin yang ada di dalam ikan buntal ini dapat memblok protein pada syaraf yang bernama saluran sodium. Untuk itulah jika aliran sodium tersebut ditutup tentu saja akan mematikan sistem syaraf dan jaringan, kemudian berujung pada kematian.

Baca juga: Tersembunyi Dibalik Gunung Es, Terdapat Desa Dengan Pemandangan Menakjubkan!

Hati dan indung telur ikan fugu adalah bagian paling beracun. Para koki tidak diperbolehkan untuk menyajikannya dalam keadaan apapun.

“Satu gerakan mengiris yang salah, bisa membuat ‘profesi’ chef berubah jadi pembunuh,” ujar Chef Yutaka Sasaki yang menyandang gelar 'spesialis fugu' selama 45 tahun. DIkutip dari cnnindonesia.com (3/5/2016).

Jangan Sembarangan Konsumsi Makanan Ini, Ada Racun Sianida di Dalamnya!

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu