logo


Harga BBM Nonsubsidi Naik, DPR: Jika Tidak, Pertamina Bisa berdarah-darah

Keputusan Pertamina menaikan harga BBM nonsubsidi adalah sebagai dampak dari harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik

11 Oktober 2018 09:15 WIB

Politisi Partai Gerindra, Gus Irawan Pasaribu
Politisi Partai Gerindra, Gus Irawan Pasaribu ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan, menyebut, keputusan PT Pertamina menaikkan harga BBM nonsubsidi jenis Pertamax Series, Dex Series, dan Biosolar Non PSO sudah tepat.

Gus Irawan beranggapan, apabila BUMN migas pelat merah itu tidak menaikan BBM nonsubsidi seiring dengan naiknya minyak mentah di dunia, maka akan membuat keuangan perusahaannya berdarah-darah.

"(Kenaikan) ini akan berdampak pada ekonomi. Secara korporasi, Pertamina tanpa menaikkan ini keuangannya bisa berdarah-darah," tukas Gus Irawan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (10/10).


Harga Premium Batal Naik, Pertamina Angkat Suara

Tak berhenti di situ, Gus Irawan menilai, langkah Pertamina menaikkan harga BBM nonsubsidi tersebut diyakini untuk menambal pengeluaran perusahaannya, dikarenakan harga BBM subsidi yang tidak boleh naik.

"Saya yakin di dalamnya, ini bagian dari kompensasi dari ketetapan hati pemerintah yang tidak mau menaikkan BBM PSO (subsidi) sampai 2019. Ini kompensasi Pertamina dengan penugasan pemerintah tanpa subsidi terkait penyaluran Premium," tuntas Gus Irawan.

Pertamax Tak Sepi Peminat Meski Harganya Naik

Halaman: 
Penulis : Riana