logo


Jangan Cuma Bawa Teknologi, Jonan Minta Menteri Finlandia untuk...

Jonan berharap, Finlandia tidak hanya menawarkan teknologi dalam energi baru dan terbarukan (EBT) saja.

10 Oktober 2018 10:25 WIB

Menteri Perdagangan Luar Negeri Finlandia, Anne-Mari Virolainen, bersama Menteri ESDM Ignasius Jonan
Menteri Perdagangan Luar Negeri Finlandia, Anne-Mari Virolainen, bersama Menteri ESDM Ignasius Jonan ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Indonesia menjajaki kerja sama dengan Finlandia untuk mendukung pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di Indonesia.

Dikatakan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana, Menteri ESDM, Ignasius Jonan, berharap, Finlandia tidak hanya menawarkan teknologi dalam energi baru dan terbarukan (EBT) saja.

Menurut Rida, Jonan meminta Finlandia juga membawa perusahaannya untuk berinvestasi di Indonesia.


KESDM: Lebih dari 90 Pelanggan Listrik Fasilitas Umum Prioritas Telah Menyala

“Mereka (Finlandia) paling bagus dari segi teknologi, paling tidak kedua terbagus di Eropa dari segi kualitas dan harganya. Tapi, Bapak Jonan sampaikan waktu bilateral, kalau bisa, datang satu paket dengan finansialnya juga. Jangan hanya membawa teknologi,” tutur Rida, di Jakarta, Selasa (9/10).

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana memastikan Finlandia datang dengan membawa penawaran teknologi. “Mereka (Finlandia) paling bagus dari segi teknologi, paling tidak kedua terbagus di Eropa dari segi kualitas dan harganya,” kata Rida di Kementerian ESDM, Selasa (9/10).

Selain soal teknologi EBT, Rida mengatakan bahwa Kementerian ESDM juga mengharapkan Finlandia bisa memberikan beasiswa untuk pegawai pemerintah. Sebab, sebagian besar banyak yang mendapatkan beasiswa dari London saja.

“Mereka menerapkan teknologi, akan lebih bagus lagi kalau ada graduated dari Finlandia. Yang nanti kalau sedikit banyak bicara biomassa atau teknologi, itu yang ingat Finlandia,” tuntas Rida.

Mekanisme Sanksi B20 Tengah Digodok KESDM

Halaman: 
Penulis : Riana