logo


Jam Raksasa Tersembunyi di Balik Candi Borobudur, Dimana Letaknya?

Candi yang terletak di Magelang ini mempuyai fakta yang menarik dan tidak semua orang mengetahuinya

8 Oktober 2018 13:41 WIB

Candi Borobudur
Candi Borobudur
dibaca 11446 x

Candi Borobudur merupakan situs peninggalan sejarah di Indonesia dan termasuk tujuh keajaibban dunia. Candi yang terletak di Magelang ini mempuyai fakta yang menarik dan tidak semua orang mengetahuinya. Jika dilihat dari atas Candi Borobudur ini terlihat sebuah jam raksasa.

Melansir dari akun instagram @zonainformatif (1/10) Candi Borobudur mempunyai 72 buah stupa berbentuk lonceng terbalik dan stupa terbesar berada di lantai paling atas. Stupa-stupa ini dibuat oleh pendiri Candi Borobudur sebagai titik tanda jam, jarum jamnya memakai bayangan stupa terbesar.

Baca Juga :


Inilah Sosok Dibalik Suksesnya Opening Ceremony Asian Para Games 2018

Coba Tebak, Dimana Pertama Kali Soto Ada?

Dokter Ini Mengoperasi Pasiennya Menggunakan Onderdil Mobil, Kok Bisa?

Candi Borobudur dan Jam Raksasa (aceh.tribunnews.com)

Selain itu, Candi Borobudur merupakan petunjuk arah yang sangat tepat. Hal ini dikarenakan pendiri Candi Borobdur telah membangun posisi candi menghadap titik utara dan selatan dengan sangat akurat.

Fakta lain menyebutkan, matahari benar-benar terbit di titik timur hanya dua kali dalam setahun, yaitu 20-21 Maret dan 22-23 September. Tetapi, pendiri Candi Borobur sudah mengetahui titik timur yang tepat.

Jadi, jika kalian tersesat di Candi Borobudur tak usah khawatir, lihat candi ini dan kalian akan kembali ke jalan yang kalian tuju.

Ditulis oleh: Nugroho Meidinata

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Wow, "&" Jadi Abjad ke-27!

Halaman: 
Admin : Kesdik Bayu