logo


Berkaca dari Bencana Sulteng, Jonan Sarankan PLN Rekrut Geologis dan Vulkanologis

PLN tidak memiliki unit khusus yang terdiri dari vulkanologis dan geologis.

8 Oktober 2018 09:15 WIB

Menteri ESDM, Ignasius Jonan
Menteri ESDM, Ignasius Jonan Dok. ESDM

BALI, JITUNEWS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, menegaskan akan pentingnya peran vulkanologis dan geologis dimasukkan ke seluruh sektor pemerintahan dan swasta, khususnya terkait pembangunan infrastruktur.

"Pertamina dan PLN misalnya, tidak ada punya vulkanologis dan geologis. Ini menjadi fokus penting dan bisa dimasukkan ke dalam pertimbangan SDM kita," kata Jonan di Universitas Udaya, Bali, belum lama ini.

Jonan mengatakan, PLN mengoperasikan sistem kelistrikan di seluruh Indonesia, namun tidak memiliki unit khusus yang terdiri dari vulkanologis dan geologis.


100 Lampu Tenaga Surya Terangi Lokasi Pengungsian Gempa Sulteng

Ia pun lantas menyinggung ihwal kondisi bencana, seperti gempa bumi dan tsunami di Palu, yang membuat sistem kelistrikan di Sulawesi Tengah sempat terganggu.

"Jika mau bangun sistem distribusi, penyulang, dan sebagainya, lulusan STM juga bisa," kata Jonan, dikutip dari republika.co.id.

Sebagaimana diketahui, gempa bumi berkekuatan 7,4 skala richter (SR) di Palu, Jumat (28/9) lalu. membuat jaringan kelistrikan di lokasi tersebut mati total.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun menyatakan, masalah kelistrikan akibat bencana ini ditargetkan akan pulih 90 persen minggu depan.

Dari 7 gardu induk (GI) yang ada, 5 di antaranya sudah beroperasi yaitu, 2 GI beroperasi di Poso dan Pamona, 3 GI stand by (GI Silae selesai perbaikan dan siap dibebani, GI Parigi, dan GI Pasangkayu), dan 2 GI dalam perbaikan (GI Sidare dan GI Talise).

 

Dukung Gelaran IMF-Bank Dunia, SPBU Pertamina Beroperasi 24 Jam

Halaman: 
Penulis : Riana