logo


2018, Inalum Targetkan Ekspor Minerba Rp 37 Triliun

Target tersebut meningkat sebesar 33% dibanding realisasi 2017 sebesar US$ 1,89 miliar.

3 Oktober 2018 10:38 WIB

Dirut Inalum, Budi Gunadi Sadikin dan CEO Freeport McMoRan, Richard Adkerson
Dirut Inalum, Budi Gunadi Sadikin dan CEO Freeport McMoRan, Richard Adkerson detik.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Holding Industri Pertambangan, PT Inalum (Persero), akan meningkatkan ekspor komoditas pertambangan dan produk hilirisasinya.

Sebagai induk holding, Inalum memproyeksikan penjualan ekspor mineral, batubara dan produk hilirisasinya sebesar US$ 2,51 miliar atau Rp 37,56 triliun (kurs Rp 15.000) di 2018 ini, atau meningkat sebesar 33% dibanding realisasi 2017 sebesar US$ 1,89 miliar.

Direktur Utama PT Inalum, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan, kenaikan tersebut ditopang oleh kinerja ekspor PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM).


Pascagempa dan Tsunami Sulteng, 10 SPBU Pertamina Kembali Beroperasi

Selain itu, lanjut Budi, Inalum juga memproyeksikan bisa mengekspor 40 kilo ton ekspor aluminium ingot (batangan) dengan nilai US$ 79 juta ke berbagai negara di tahun ini.

Adapun, negara yang menjadi tujuan ekspor adalah Jepang, Swiss, Singapura, Inggris, Australia, Korea Selatan, Hong Kong, Malaysia, dan Belanda.

"Peningkatan kinerja ekspor ini sesuai dengan mandat pembentukan Holding Industri Pertambangan untuk menjadi perusahaan kelas dunia," tutur Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (2/10).

Kerusakan Lebih Parah dari Gempa Lombok, Kondisi Kelistrikan di Palu Baru Pulih 20%

Halaman: 
Penulis : Riana