logo


Sempat Menipis, Kini PLN Surplus Batu Bara

Saat ini pasokan batubara Domestic Market Obligation (DMO) pun sudah memadai.

18 September 2018 23:18 WIB

Batu bara.
Batu bara. dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) mengklaim kini memiliki kelebihan stok batu bara. Setelah sebelumnya sempat menipis, kini PLN memiliki cadangan batubara di atas 10 hari.

Ya, awalnya stok batu bara PLN menipis hanya seminggu, bahkan ada yang empat hari.

Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN, Supangkat Iwan Santoso, menuturkan, saat ini harga batu bara turun, apalagi untuk kalori di bawah 5 ribu. Jadi, pengusaha batu bara cenderung lebih memilih ekspor.


Lifting Minyak Merosot, KESDM Sentil Pertamina Begini

“Sebelumnya mungkin karena harga pasar tinggi, jadi (perusahaan) cenderung ekspor. Tapi yang nilai kalorinya di bawah 5.000 kan turun, sehingga sekarang justru maunya suplai ke domestik, ke PLN. Jadi kalau dari sisi suplai sudah tak ada masalah, malah cenderung kebanyakan,” beber Iwan usai acara Hari Listrik Nasional ke-73 dan Power-Gen Asia di ICE BSD,Tangerang Selatan, Selasa (18/9).

Iwan menambahkan, saat ini pasokan batubara Domestic Market Obligation (DMO) pun sudah memadai. Masalah pasokan tersebut diakuinya mulai membaik per September ini.

Ia pun lantas mengungkapkan, saat ini perusahaan listrik plat merah tersebut tengah fokus menaikkan stok batu bara untuk pembangkit.

“Waktu itu tersendat mungkin karena harga di luar tinggi dan mekanisme transfer kuota masih di bahas,” tukas Iwan.

Lebih jauh, Iwan pun berharap stok batu bara bisa pada kisaran 15 hingga 20 hari.

“Kalau di bawah 10 hari itu sebenarnya sudah warning,” tuntasnya.

 

Begini Solusi Pemerintah Rem Penurunan Produksi Minyak

Halaman: 
Penulis : Riana