logo


Ikan Kerapu dari Kepulauan Natuna Diekspor ke Hongkong, Nilainya Fantastis!

Nilai ekspor ikan kerapau tersebut mencapai US$ 100.314 atau Rp 1,45 miliar.

13 September 2018 17:04 WIB

Ikan Kerapu
Ikan Kerapu Dok.DJPB-KKP

KEPULAUAN RIAU, JITUNEWS.COM - Pembudidaya ikan di Kepulauan Natuna, baru-baru ini melakukan ekspor sebanyak 16.720 kilogram ikan kerapu hidup untuk tujuan Hongkong, dengan nilai ekspor mencapai US$ 100.314 atau Rp 1,45 miliar.

Ekspor dilakukan via jalur laut dengan menggunakan dua kapal berbendera Hongkong yakni Kapal Mv. Cheung Kam Wah dan Kapal Cheng Wai Hing.

Eko Prihananto, salah seorang pembudidaya ikan kerapu di Natuna (PT Putri Ayu Jaya), mengkonfirmasi bahwa shiping dilakukan pada hari Senin (10/9) dan turut hadir berbagai pihak terkait yakni perugas karantina pelabuhan Sedanau, Syahbandar Sedanau, Bea dan Cukai, BKIPM, Imigrasi, PSDKP dan TNI AL.


KKP Tegaskan Kinerja Neraca Perdagangan Ikan Kerapu Positif

Ia juga menyatakan bahwa secara umum aktivitas ekspor kerapu ke Hongkong masih stabil sepanjang tahun 2018.

Demikian halnya dengan harga, Eko menilai masih normal. Ia merinci saat ini untuk harga ikan kerapu berbagai jenis, masing-masing kerapu hybrid Rp. 85 ribu per kg, ikan kerapu tikus Rp. 800 rb per kg dan kerapu sunu senilai Rp 350 ribu per kg.

"Sekali shiping biasanya mencapai minimal 16 ton. Sebenarnya ekspor dari Natuna ini berjalam normal. Catatan kami sepanjang tahun ini sudah 11 kali kami melakukan ekspor, artinya minimal sebulan sekali aktivitas ekspor ini ada," ungkap Eko.

Panen Kerapu Bantuan KKP di Kepulauan Seribu

Halaman: 
Penulis : Riana