logo


Aturan Terbit, KKKS Wajib Jual Minyak ke Pertamina

Seluruh KKKS sudah menyatakan kesediaannya menjual hasil produksi minyak mentah bagian mereka kepada Pertamina.

10 September 2018 12:05 WIB

Arcandra Tahar.
Arcandra Tahar. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Belum lama ini, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) menerbitkan regulasi berupa Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 42 Tahun 2018 Tentang Prioritas Pemanfaatan Minyak Bumi Untuk Pemenuhan Kebutuhan Dalam Negeri.

Adapun, semangat diterbitkannya Permen yang mulai berlaku sejak tanggal 5 September 2018 itu adalah memprioritaskan produksi minyak dalam negeri untuk kebutuhan dalam negeri.

"Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 42 tahun 2018 yang di dalamnya menyatakan bahwa para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) wajib menawarkan produksi mereka kepada Pertamina dengan harganya sesuai dengan kelaziman bisnis atau bisnis to bisnis," ujar Wamen ESDM, Arcandra Tahar, di Jakarta, Senin (10/9).


Ini Langkah Jitu Pemerintah Tekan Impor BBM

Arcandra kemudian melanjutkan, kewajiban untuk menawarkan hasil produksi kontraktor dan afiliasinya itu dilaksanakan paling lambat 3 bulan sebelum dimulainya periode rekomendasi ekspor untuk seluruh volume Minyak Bumi bagian Kontraktor. Menurutnya, hal ini tercantum dalam pada pasal 3 Permen ESDM Nomor 42 tahun 2018.

Wajib! Perusahaan Minerba Harus Transaksi Pakai Bank Domestik, Jika Tidak…

Halaman: 
Penulis : Riana