logo


KKP Gelontorkan Bantuan Program Prioritas di Gorontalo

KKP fokus menggarap perikanan budidaya dengan sasaran utama bagaimana meningkatkan efesiensi produksi dan nilai tambah

7 September 2018 17:22 WIB

Genjot Penguatan Usaha, KKP Gelontorkan Bantuan Program Prioritas di Gorontalo
Genjot Penguatan Usaha, KKP Gelontorkan Bantuan Program Prioritas di Gorontalo ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kinerja Sub sektor perikanan budidaya menunjukkan tren yang bagus, dengan rata-rata peningkatan produksi sebesar 14,37% per tahun selama kurun waktu 2011 – 2017, dari produksi 7,9 juta ton tahun 2011 menjadi 17 juta ton tahun 2017.

Dari sisi kinerja usaha pembudidayaan ikan, Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat Nilai Tukar Usaha Pembudidaya Ikan (NTUPi) pada periode Juli 2018 mencapai angka 111,55 atau terkoreksi tumbuh sebesar 0,88 persen dibandingkan bulan yang sama tahun 2017 yang mencapai 110,57.

Capaian NTPi para periode Juli 2018 yang terkoreksi lebih besar dari angka 100, menjadi tolak ukur dari dampak positif berbagai program strategis KKP yang langsung menyentuh pembudidaya ikan, seperti dukungan input produksi (sarana dan prasarana produksi), dukungan induk dan benih, program gerakan pakan mandiri (GERPARI), pengembangan teknologi seperti bioflok dan Recirculating AquaculureSystem (RAS); minapadi dan dukungan lainnya yang saat ini telah berkembang di berbagai daerah.


Berbasis Modernisasi, Ini 3 Transformasi Industrialisasi Akuakultur

Kondisi ini juga mengindikasikan bahwa usaha pembudidayaan ikan yang dijalankan semakin efesien, dan berpengaruh terhadap naiknya nilai tambah keuntungan yang diraup pembudidaya ikan. Disisi lain kapasitas usaha pembudidaya ikan juga semakin kuat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Perikanan Budidaya, Tri Hariyanto, saat memberikan sambutan pada penyerahan bantuan program prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Rabu (6/9).

Lanjut Tri, program bantuan prioritas yang diberikan berupa sarana dan prasarana budidaya bertujuan untuk meningkatkan pendapatan pembudidaya, agar produksi budidaya dapat berjalan efisien.

Oleh karenanya, sebagai tindaklanjut, KKP fokus menggarap perikanan budidaya dengan sasaran utama bagaimana meningkatkan efesiensi produksi dan nilai tambah keuntungan yang diraup pembudidaya ikan.

KKP Dukung Kabupaten Kotawaringin Timur Jadi Sentra Patin Nasional

Halaman: 
Penulis : Riana