logo


KESDM: Stok BBM dan Listrik NTB Aman Pasca Gempa

Pemerintah memastikan ketersediaan dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) ke wilayah terdampak gempa Lombok Utara tidak mengalami kendala.

13 Agustus 2018 05:45 WIB

Staf Ahli Menteri (SAM) ESDM Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang, Satry Nugaraha, mengatakan, Pemerintah memastikan ketersediaan dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) ke wilayah terdampak gempa Lombok Utara tidak mengalami kendala.
Staf Ahli Menteri (SAM) ESDM Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang, Satry Nugaraha, mengatakan, Pemerintah memastikan ketersediaan dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) ke wilayah terdampak gempa Lombok Utara tidak mengalami kendala. ist

LOMBOK UTARA, JITUNEWS.COM – Staf Ahli Menteri (SAM) ESDM Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang, Satry Nugaraha, mengatakan, Pemerintah memastikan ketersediaan dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) ke wilayah terdampak gempa Lombok Utara tidak mengalami kendala.

Dikatakannya, kepastian tersebut didapat usai monitoring yang dilakukan oleh Satgas Siaga Bencana Kementerian ESDM sejak Jumat (9/11) lalu.

"Meski saat gempa tiang-tiang transmisi sempat rubuh, penyediaan BBM terbatas akibat banyak jalan terputus. Dalam suatu bencana, wajar ketika awal-awal kita menghadapi seperti itu. Tapi, sekarang berangsur sudah mulai kembali," tutur Satry di Kantor Dinas ESDM Provinsi Nusa Tenggara Barat.


KESDM Bagikan 1.000 LTSHE ke Pedalaman Yahukimo

Satry melanjutkan, menutut hasil koordinasi satgas, pada 8 Agustus 2018, stok BBM yang tersedia di Terminal BBM (TBBM) Ampenan dalam kondisi aman, dengan rincian antara lain Premium sebanyak 5.023 kilo liter (kl) dengan ketahanan selama 7 hari, Solar 4.858 kl (7 hari), Pertamax 5.504 kl (17 hari), Pertamax Dex 221 kl (44 hari), dan Avtur 1.271 kl (7 hari).

TBBM Ampenan sendiri menjadi TBBM sentral untuk penyaluran BBM ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kecamatan Tanjung dan Pemenang dimana kedua wilayah tersebut paling terdampak dari gempa.

Catat! Ini Rekomendasi PVMBG Pascagempa Lombok

Halaman: 
Penulis : Riana