logo


KKP Dorong Kabupaten Pati Jadi Kawasan Nila Salin Berkelanjutan Nasional

Kementerian Keluatan dan Perikanan ( KKP) akan menetapkan Kabupaten Pati sebagai Kawasan Nila Salin Nasional.

3 Agustus 2018 16:26 WIB

Ikan NIla Salin
Ikan NIla Salin ist

SEMARANG, JITUNEWS.COM - Kementerian Keluatan dan Perikanan ( KKP) akan menetapkan Kabupaten Pati sebagai Kawasan Nila Salin Nasional. Kawasan seluas 600 hektar dari total lebih kurang 835 hektar ini tersebar di Kecamatan Tayu hampir seluruhnya membudidayakan ikan nila salin sejak tahun 2014 yang lalu.

Melalui penetapan ini kawasan nila salin ke depan diharapkan akan terwujud pola pengelolan sistem produksi dan usaha yang terintegrasi dari hulu hingga hilir secara berkelanjutan, sehingga mampu meningkatkan pergerakan ekonomi masyarakat.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, mengatakan bahwa pemilihan Kabupaten Pati sebagai kawasan nila salin berkelanjutan nasional, karena Kabupaten Pati merupakan sentral terbesar budidaya nila salin dan baru yang pertama ada di Indonesia.


Ssstt! Ini Langkah Budidaya Banggai Cardinal Fish Menurut Kepala BPBL Ambon

Menurut Slamet, klasterisasi berbasis komoditas unggulan seperti nila salin akan lebih efektif dalam mempercepat pergerakan ekonomi lokal dan daerah. Apalagi Kawasan ini pada awalnya tumbuh atas inisiatif swadaya dari masyarakat secara mandiri.

"Nanti kami akan buat keputusan untuk menetapkan kawasan ini sebagai sentral budidaya nila salin berkelanjutan nasional dan bisa jadi rujukan nasional," kata Slamet saat melakukan dialog interaktif dengan ratusan pembudidaya ikan di desa Dororejo, Kecamatan Tayu, setelah sebelumnya melakukan panen ikan nila salin di desa Bandungan, Kecamatan Tayu, Pati, Selasa (31/7) lalu.

KKP Berikan Edukasi Standar Perdagangan Ikan Internasional

Halaman: 
Penulis : Riana
×
×