logo


Pembela Orang Kaya dan SPBU Asing

Kalau harga minyak mentah dunia naik, ya harga Pertamax ikut naik. Kalau turun, ya ikutan turun. Biasa saja.

3 Juli 2018 09:33 WIB

Pengisian BBM di SPBU.
Pengisian BBM di SPBU. Dok. Jitunews

Harga Pertamax naik, orang-orang pada menuding Pertamina naikin harga tanpa konfirmasi. Mereka kesurupan mengkritisi perusahaan minyak negara itu agar mau menjual rugi.

Sebab Pertamina adalah BUMN. Makanya mereka marah jika harga Pertamax, Solar Dex, dan sejenisnya dinaikkan. Mereka nyinyir. Mereka gak ikhlas perusahaan negara menjual harga BBM dengan harga pasar.

Kita tahu Pertamax adalah BBM non subsidi. Sejak dulu harganya dibiarkan sesuai dengan harga pasar. Kalau harga minyak mentah dunia naik, ya harga Pertamax ikut naik. Kalau turun, ya ikutan turun. Biasa saja.


Pertamina Sesuaikan Harga BBM Non Subsidi

Tapi para pembenci negeri ini berteriak menuntut harga BBM non subsidi tidak naik. Mereka menuding pemerintah. Pokoknya apa yang dilakukan Pertamina, karena perusahaan itu milik Indonesia, pasti salah. Pasti gak bener.

Padahal selain SPBU Pertamina di Indonesia beroperasi juga SPBU Shell atau Total. Perusahaan asing itu biasa saja menentukan harga BBM-nya sesuai mekanisme ekonomi. Kalau memang harga minyak dunia naik, mereka tinggal naikkan harganya. Kalau turun, tinggal diturunkan.

Gak ada yang ribut sama sekali. Kenapa gak ribut?

Pertamina Naikkan BBM Jenis Pertamax dan Dexlite, Begini Respons DPR

Halaman: