logo


DPR Apresiasi Sosialisasi Dana Desa oleh BPK kepada Camat dan Kades

Menurut Eva, BPK sudah sepatutnya menggunakan audit kinerja sehingga bisa memfasilitasi pengelolaan keuangan yang output oriented

16 Mei 2018 18:50 WIB

Politisi PDI Perjuangan (PDIP) Eva Sundari.
Politisi PDI Perjuangan (PDIP) Eva Sundari. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi XI DPR RI, Eva Kusuma Sundari, mengapresiasi sosialisasi dana desa yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kepada Camat dan seluruh Kepala Desa di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Menurut Eva, BPK sudah sepatutnya menggunakan audit kinerja sehingga bisa memfasilitasi pengelolaan keuangan yang output oriented. Hal ini dikarenakan dana desa tujuannya adalah menggerakkan perekonomian desa untuk mengatasi kemiskinan dan pengangguran.

“Maka sepatutnya BPK menggunakan audit kinerja sehingga bisa memfasilitasi pengelolaan keuangan yang output oriented, dan bukan audit keuangan,” tutur Eva di Jakarta, Rabu (16/5).


Mulianya Sosok Ipda Auzar, Polisi yang Gugur Diserang Teroris Itu Ternyata Punya Pesantren!

Eva menjelaskan, dengan audit kinerja maka dana desa yang ada Rp 60 triliun bisa terkawal efektifitasnya sesuai tujuan peruntukannya.

Dalam hal ini, Eva menggunakan ilustrasi kesuksesan Desa Ponggok di Klaten dalam penggunaan dana desa, sehingga desa tersebut mampu keluar dari status sebagai desa tertinggal bahkan menjadi desa makmur. Dimana, kesuksesan tersebut diperoleh melalui pemberdayaan BUMDES Tirta Mandiri yang bisa mendirikan 9 PT untuk berbisnis dan saham dimiliki oleh warga negara.

Istimewanya Sosok Ipda Auzar di Mata Wakapolri: Beliau Urus Ibu dan Anak-anak Saya..

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana
×
×