logo


Susul Sidrap, PLTB Tolo-1 Jeneponto Bakal Selesai Medio Tahun Ini

Hadirnya PLTB Tolo-1 Jeneponto akan melengkapi keberadaan PLTB Sidrap untuk meningkatkan kontribusi energi terbarukan di Indonesia,

14 Mei 2018 14:00 WIB

PLTB Tolo-1 Jeneponto
PLTB Tolo-1 Jeneponto Facebook/Joko Widodo

JENEPONTO, JITUNEWS.COM - Pengerjaan mega proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Jeneponto ditarget akan selesai bulan Juli 2018 mendatang.

"Progres terus berjalan, targetnya pada pertengahan tahun ini pekerjaan fisik PLTB Jeneponto akan selesai, sekitar Juli atau Agustus nanti. Sementara COD (commercial operation date) akan dilakukan setelah selesainya persiapan dalam mengintegrasikan listrik yang dihasilkan PLTB ke jaringan PLN," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, belum lama ini.

Hal yang sama juga disampaikan General Manager Business Development Vena Energy (sebelumnya Equis Energy), Harry Miarsono,saat ditemui di lokasi proyek.


Penetapan 22 WK Terminasi Hingga 2026 Ditargetkan Tuntas Tahun ini

"Juli nanti ditargetkan pekerjaan fisik pembangkit akan selesai dan akan kita lakukan uji coba, sementara untuk COD akan menunggu sistem integrasi siap," ujar Harry.

Agung menambahkan, nantinya saat selesai, PLTB Tolo-1 berkapasitas 72 MW ini akan menjadi pembangkit listrik tenaga angin/bayu dengan kapasitas terbesar kedua di Indonesia setelah PLTB Sidrap (75 MW).

Walaupun secara kapasitas sedikit dibawah PLTB Sidrap, namun infrastruktur per tower pada PLTB Tolo-1 adalah yang terbesar, dengan 20 turbin angin masing-masing kapasitas 3,6 Megawatt (MW).

Jambi Merang, Blok Migas Terminasi 2019 yang Paling Potensial

Halaman: 
Penulis : Riana
×
×