logo


Asian Games dan IMF 2018, SPBU Dipastikan Tak Akan Jual Premium Tapi...

Pertamina telah melakukan simulasi penyediaan Pertamax Turbo menjelang acara tersebut.

16 April 2018 13:45 WIB

Pengisian BBM di SPBU.
Pengisian BBM di SPBU. Dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Pertamina (Persero) telah menyiapkan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) ‎jenis Pertamax Turbo. BBM tersebut untuk mendukung pelaksanaan Asian Games dan pertemuan tahunan IMF-World Bank ‎2018‎.

Disampaikan Direktur Pemasaran Pertamina M Iskandar, Pertamina telah melakukan simulasi penyediaan Pertamax Turbo menjelang acara tersebut.

"Pertamax Turbo untuk mendukung Asian Games, terutama untuk kota-kota Asian games. Dari sisi produk sudah siap,” ungkap Iskandar, di Jakarta, Senin (16/4).


Kenaikan Harga Pertamax Beri Andil Terhadap Inflasi

Menurut Iskandar, untuk mendukung penyaluran Pertamax Turbo, saat ini sekitar 30 persen Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di masing-masing kota yang menyelenggarakan dua event internasional tersebut‎ telah menyalurkan Pertamax Turbo.

“Rata-rata masih di level 30 persen dari SPBU yang ada di kota-kota tempat Asian Games," papar Iskandar.

Iskandar juga menyebutkan, untuk wilayah Jabodetabek, Pertamina memastikan ada sekitar 250 sampai 300 SPBU yang menjual BBM dengan kadar oktan 98 tersebut.

"Ya beda-beda. Di Jakarta kan 800 SPBU di Jabodetabek. Kita sudah siapkan 250-300 sudah siap ada pertamax turbo," ujar dia.

Iskandar memaparkan, saat ini pasokan Pertamax Turbo berasal dari fasilitas pengolahan minyak (kilang) Balongan, Indramayu Jawa Barat, sebanyak 60 ribu barel per hari. Namun, produksi Pertamax Turbo dari kilang tersebut belum cukup untuk memenuhi kebutuhan di seluruh wilayah. Sebab itu, Pertamina mengimpor sekitar 120 ribu barel per hari untuk memenuhi kekurangannya.

"Produksi (Kilang Balongan) sebagian impor. Produksi seluruhnya kan 60 ribu barel per hari. Impor dua kali lipatnya. Balongan hanya untuk Jawa bagian Barat. Jawa Tengah impor (BBM),"‎ tandasnya.

PLN ‘Haramkan’ Listrik Berkedip Saat Asian Games 2018

Halaman: 
Penulis : Riana
×