logo


Mau Dapat Tiket Kereta Mudik Lebaran 2018? PT KAI Kasih Bocorannya

Jutaan orang dalam waktu yang bersamaan melakukan pemesanan tiket.

14 April 2018 08:00 WIB

Ribuan pemudik sudah memadati stasiun kereta api Senen, Jakarta Pusat, pada Sabtu (17/6). Sebagian dari mereka ada yang mencoba menginap untuk mendapatkan tiket untuk mudik pulang ke kampung halamannya. Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero), Budi Setyarso, menerangkan bahwa tahun 2017 ini ada peningkatan pemudik yang menggunakan moda transportasi kereta api sebanyak 28,27 persen dibandingkan tahun 2016 lalu. Yaitu, sekitar 118.617 pemudik.\n
Ribuan pemudik sudah memadati stasiun kereta api Senen, Jakarta Pusat, pada Sabtu (17/6). Sebagian dari mereka ada yang mencoba menginap untuk mendapatkan tiket untuk mudik pulang ke kampung halamannya. Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero), Budi Setyarso, menerangkan bahwa tahun 2017 ini ada peningkatan pemudik yang menggunakan moda transportasi kereta api sebanyak 28,27 persen dibandingkan tahun 2016 lalu. Yaitu, sekitar 118.617 pemudik. Jitunews/Ferro Maulana

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tak lama lagi Hari Raya Idul Fitri akan tiba. Ritual mudik pun sudah dinanti-nanti. Namun, memesan tiket kereta melalui sistem online saat momen mudik Lebaran bukanlah hal yang mudah. Tak sedikit pemudik yang gigit jari gara-gara tak kebagian tiket, salah satunya tiket kereta api ini. Jika Anda telat melakukan pemesanan, tiket pun bisa langsung ludes tak bersisa.

Tantangan lainnya adalah beratnya website resmi PT Kereta Api Indonesia karena jutaan orang dalam waktu yang bersamaan melakukan pemesanan tiket.

Meski tahun ini KAI memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket, tantangan ini bisa saja tetap terjadi.


Aturan Baru PT KAI, Barang Bawaan Lebih dari 20 KG Kena Tambahan Biaya

Dikutip dari keterangan resmi PT KAI, pada hari Jumat 13 April 2018, berikut tips yang mungkin dapat dicoba saat melakukan perburuan tiket KA tambahan Lebaran 2018 :

1. Usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket.

2. Cari alternatif tanggal atau rute KA, karena KA tambahan Lebaran 2018 akan di-release bersamaan. Misalnya berangkat dari Bandung atau stasiun di kota lainnya.

3. Carilah alternatif tiket terusan. Misalnya jika ingin menuju Semarang, dapat memesan tiket dengan rute Stasiun Pasarsenen-Stasiun Tegal untuk kemudian meneruskan dengan KA rute Tegal-Semarang.

4. Traffic akan sangat penuh pada menit-menit pertama tiket dirilis. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan pemesanan tiket pada jam 01.00-an.

Pada beberapa kasus, ada pelanggan berhasil memesan tiket pada menit-menit awal, namun tidak segera melakukan pembayaran maksimal satu jam setelah pemesanan sehingga tiket hangus dan kembali available.

5. Cek berkala di situs penjualan atau contact center. Karena jika ada yang batal atau belum bayar setelah satu jam maka tiket tersebut akan muncul kembali.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengungkapkan, sampai tanggal 13 April 2018, dari jumlah total tempat duduk KA reguler jarak jauh dan menengah (tidak termasuk KA lokal) sebanyak 2.257.904 kursi, 42,91 persennya telah terjual. Sehingga masih banyak tiket KA reguler yang masih tersedia dengan berbagi rute dan tanggal tertentu.

Oleh karena itu, pemudik masih bisa melakukan pemesanan tiket kereta api reguler untuk mudik lebaran. Terlebih, tiket kereta tambahan baru mulai dijual pada Senin 16 April mendatang.

“PT KAI akan melakukan posko Angkutan Lebaran 2018 selama 22 hari mulai tanggal 5 Juni sampai dengan 26 Juni 2018," ujarnya.

Pemandangan Gerbang Tol Salatiga Jadi Perbincangan Publik

Halaman: 
Penulis : Uty Saifin Nuha