logo


Indonesia Bakal Impor Gula Mentah di 2018?

Bamsoet minta Komisi IV DPR RI untuk mendorong Kemenperin mengawasi pelaksaan impor gula mentah.

13 April 2018 14:19 WIB

Bambang Soesatyo.
Bambang Soesatyo. twitter @DPR_RI

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rapat koordinasi di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian telah memutuskan untuk membuka impor gula mentah (raw suger) pada tahun 2018.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), meminta Komisi VI DPR RI untuk mendorong Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengawasi pelaksanaan impor gula mentah tersebut agar berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No. 643 Tahun 2002 tentang Tata Niaga Impor Gula,” ujar Bamsoet di Jakarta pada hari Jumat (13/4).


Ketua DPR Berharap Kerjasama Indonesia dengan Kazakhstan Terus Meningkat

Selain itu, Bamsoet juga meminta Komisi VI DPR untuk mendorong Kemendag meminta data statistik mengenai kebutuhan dan produksi gula nasional kepada Badan Pusat Statistik (BPS) guna memastikan kebutuhan dan jumlah gula mentah sebelum melakukan impor.

Menurut Bamsoet, hal tersebut perlu dilakukan untuk memerhatikan stok gula yang ada dan masa panen tebu agar impor gula mentah yang dilakukan tidak merugikan para petani tebu.

“Saya juga Komisi VI DPR mendorong Kemendag agar menentukan kebijakan impor gula mentah bersama petani melalui Asosiasi Andalan Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI), agar memperhitungkan jumlah dan waktu yang tepat dalam mengimpor gula mentah tersebut,” pungkasnya.

Fadli Zon Sebut Kegiatan Jokowi 'Rasa Capres'

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Uty Saifin Nuha
×