logo


Indonesia Jadi Salah Satu Negara dengan Harga BBM Terendah di Dunia

Harga BBM RON 95 di Indonesia hanya kalah murah dibandingkan produsen minyak terbesar di dunia, yakni Iran

11 April 2018 21:09 WIB

Ilustrasi BBM RON 95
Ilustrasi BBM RON 95 thestar.com.my

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Global Petrol Prices, lembaga riset dunia, merilis daftar harga bahan bakar minyak setara RON 95 yang berlaku di seluruh negara.

Hasilnya, Indonesia didapuk jadi salah satu negara yang menerapkan harga bahan bakar minyak (BBM) RON 95 paling rendah di dunia dengan harga US$0,64.

Seperti diwartakan bisnis.com, harga BBM RON 95 di Indonesia hanya kalah murah dibandingkan produsen minyak terbesar di dunia, yakni Iran dengan harga US$0,36 dan Arab Saudi US$0,54.


Wamen ESDM: Kenaikan BBM Jenis Umum Harus Seizin Pemerintah

Sementara itu, jika dibandingkan dengan negara tetangga, seperti Malaysia yang menetapkan US$0,55, harga BBM di Indonesia kalah tipis.

Sebenarnya, wajar saja jika harga BBM Malaysia lebih rendah. Pasalnya, Malaysia hanya melayani 2 daratan utama, yaitu Peninsula dan Borneo. Sementara, Indonesia terdiri dari banyak pulau dan melibatkan infrastruktur dan pola distribusi terumit di dunia.

Sementara itu, untuk harga BBM termahal di dunia 'dipegang' oleh Singapura yang menetapkan harga sebesar US$1,58, diikuti oleh Jepang seharga US$1,31, Brazil US$1,3, dan China seharga US$1,17.

Selain harga BBM RON 95 yang dinobatkan sebagai salah satu yang terendah di dunia, harga Diesel Indonesia juga menjadi salah satu yang terendah di dunia.

BBM jenis Diesel di Indonesia ditetapkan seharga US$0,71, hanya kalah murah dari Iran US$0,09, Arab Saudi US$0,13, Malaysia US$0,54 dan Vietnam US$0,69.

Sementara itu, Singapura juga dinobatkan sebagai negara dengan harga Diesel tertinggi di dunia senilai US$1,17. Harga Diesel di Singapura berada di atas Jepang dengan harga US$1,1, Brazil US$1,04 dan China US$1,04.

Revisi Perpres Harga Jual Eceran BBM Akan Terbit Pekan Ini

Halaman: 
Penulis : Riana
×
×