logo


Soal Insiden Bocornya Pipa Pertamina, DPR Sarankan Adanya Investigasi

Menurut Sukamta, dengan adanya investigasi, maka akan diketahui apakah kebocoran pipa minyak tersebut karena murni kecelakaan atau ada unsur kualitas pipa yang sudah tidak layak.

10 April 2018 17:13 WIB

Anggota Komisi I DPR, Sukamta
Anggota Komisi I DPR, Sukamta ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota DPR RI, Sukamta, mengatakan, harus ada investigasi untuk memastikan penyebab terjadinya kebocoran pipa minyak yang menyebabkan kerusakan lingkungan hidup serta menganggu aktivitas masyarakat di perairan Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Sudah yang kesekian kalinya kejadian serupa terulang. Agar hal ini tidak terulang kembali ke depan, harus ada investigasi untuk memastikan apa penyebab kejadian ini,” ujar Sukamta di Jakarta, Selasa (10/4).

Menurutnya, dengan adanya investigasi, maka akan diketahui apakah kebocoran pipa minyak tersebut karena murni kecelakaan atau ada unsur kualitas pipa yang sudah tidak layak.


Bersih dari Minyak, Pantai Balikpapan Sudah Bisa Dikunjungi Wisatawan

“Karena itu, juga perlu diaudit infrastruktur Pertamina termasuk pipa minyak ini. Apakah yang dipakai masih layak operasional semua ataukah tidak,” tuturnya.

Politisi PKS ini menilai bahwa kebocoran pipa minyak ini adalah persoalan yang sangat serius, karena dampaknya bukan hanya lingkungan hidup saja, tapi juga merembet ke hal-hal yang lain.

“Hutan mangrove tercemar hingga Kariangau, selain di Kampung Atas Air Margasari dan di Penajam. Ribuan orang terdampak baik secara ekonomi maupun kesehatan,” tuturnya.

Terlebih, lanjut Sukamta, info dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), luas tumpahan minyak mencapai 7.000 hektare. Dimana, Pantai yang tercemar di sisi Balikpapan dan Penajam Paser Utara hingga 60 kilometer.

“Saya juga mendorong agar hukum ditegakkan, sanksi harus diberikan sesuai perarturan/perundang-undangan, agar memberi efek jera,” pungkasnya.

Meski Teluk Balikpapan Sudah Bersih, DPR Tetap Minta Pertamina Lakukan Ini

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana
×
×