logo


Soal Imbauan Wiranto, Jokowi: KPK Independen

Jokowi menyebut KPK tidak diintervensi oleh pihak mana pun

14 Maret 2018 21:30 WIB

Presiden RI Joko Widodo.
Presiden RI Joko Widodo. Jitunews/Johdan A.A.P

BANTEN, JITUNEWS.COMMenkopolhukam Wiranto mengimbau KPK untuk menunda pengumuman tersangka calon kepala daerah. Pernyataan Wiranto tersebut menimbulkan pro dan kontra. Presiden Joko Widodo enggan berkomentar banyak mengenai pernyataan Wiranto tersebut.

"Silakan tanya ke Pak Wiranto," ucap Jokowi usai membagikan sertifikat di Alun-alun Serang, Banten, pada haro Rabu (14/3).

Meski tidak menegaskan dengan jelas bagaimana sikapnya terkait isu tersebut. Jokowi menyebut KPK tidak diintervensi oleh pihak mana pun.


Wiranto Minta KPK Tunda Kasus Cakada, Mahfud MD: Itu Pasti Hoax

"Yang saya tahu KPK independen," lanjutnya.

Diketahui, Wiranto mengimbau KPK untuk menudna penyelidikan, penyidikan dan pengajuan calon kepala daerah sebagai saksi dan tersangka. Hal tersebut dimaksudkan agar Pilkada Serentak 2018 tidak terganggu.

"Ditunda dahululah penyelidikannya, penyidikannya, dan pengajuan dia sebagai saksi dan sebagai tersangka," kata Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (12/3).

"Risiko dengan dia dipanggil sebagai saksi atau tersangka itu akan bolak-balik KPK, berpengaruh pada perolehan suara. Itu pasti akan berpengaruh terhadap pencalonannya," terang Wiranto.

 

Soal Imbauan Wiranto, Gerindra: Tak Boleh Menghentikan Proses Hukum KPK

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata