logo


April Besok, KESDM Bakal Lelang 16 Wilayah Pertambangan Minerba

Dari 16 wilayah tersebut, 10 wilayah di antaranya akan dilelang oleh pemerintah daerah setempat dengan Izin Usaha Penambangan (IUP)

14 Maret 2018 12:42 WIB

Dirjen Minerba Bambang Gatot Ariyono.
Dirjen Minerba Bambang Gatot Ariyono. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melelang 16 wilayah kerja pertambangan mineral dan batu bara (minerba). Rencananya penawaran wilayah kerja ini akan dilakukan pada April mendatang.

Direktur Jenderal Minerba (Dirjen Minerba) Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono,mengatakan, dari 16 wilayah tersebut, 10 wilayah di antaranya akan dilelang oleh pemerintah daerah setempat dengan Izin Usaha Penambangan (IUP). Sedangkan, enam wilayah sisanya dalam Izin Usaha Penambangan Khusus (IUPK).

"April ini kita harus melakukan penawaran. WIUPK kan ke BUMN dan BUMD dulu. Yang 10 (WIUP) nanti diserahkan ke provinsi untuk melakukan lelang," papar Bambang di kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Selasa (13/3).


Pengamat Sebut Ada kerancuan Hukum dalam Holding BUMN Pertambangan

Bambang mengungkapkan, 16 wilayah yang akan dilelang tersebar di beberapa lokasi seperti Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera. Namun, Bambang belum bisa merinci luas wilayah keseluruhan dari 16 wilayah pertambangan yang akan dilelang itu.

Adapun, sambung dia, komoditas yang ada di wilayah-wilayah tersebut bervariasi, mulai dari batu bara hingga logam mineral seperti nikel dan emas. Kata dia, seluruhnya merupakan hasil penciutan atau wilayah bekas kontrak yang telah diterminasi.

Sementara itu, untuk lelang dengan luas wilayah lebih besar dari 500 ha bisa diikuti oleh BUMN, BUMD, badan usaha swasta nasional, badan usaha swasta dalam rangka PMA, dan koperasi.

Sebagai informasi, mekanisme lelang wilayah pertambangan ini, merupakan wujud implementasi dari Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 11/2018 tentang Tata Cara Pemberian Wilayah, Perizinan, dan Pelaporan Pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan batubara.

 

Juni 2018, PLN Targetkan Akuisisi Tiga Tambang Batubara Selesai

Halaman: 
Penulis : Riana
×