logo


PBB Terima Eks Anggota HTI dan FPI Jadi Bacaleg, KPU: Harus Setia Kepada Pancasila

KPU tidak mempersoalkan langkah Partai Bulan Bintang (PBB) membuka kesempatan kepada anggota eks HTI dan FPI untuk dijadikan Calon Legislatif.

13 Maret 2018 18:45 WIB

Gedung KPU.
Gedung KPU. Jitunews/Latiko Aldilla DIrga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak mempersoalkan langkah Partai Bulan Bintang (PBB) membuka kesempatan kepada anggota eks Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan Front Pembela Islam (FPI) untuk dijadikan Calon Legislatif (Caleg), asal memenuhi persyaratan yang ada didalam undang-undang Pemilu Tahun 2017 Pasal 240. 

"Bagi KPU ukurannya jelas dalam undang-undang, itu saja syaratnya,” ujar Ketua KPU Arif Budiman di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (13/3). 

Menurutnya didalam UU tersebut sudah sangat jelas disebutkan bahwa bakal Calon Legislatif harus setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. 


Jokowi Bentuk Tim Internal Penjaring Cawapres, PDIP: Presiden Sibuk

“Syarat tersebut mutlak wajib dipenuhi sesuai undang-undang Pemilu Tahun 2017 Pasal 240,” tuturnya. 

Arif menambahkan, selain umur dan tingkat pendidikan, Calon Legislatif juga harus sehat jasmani dan rohani nya, bebas dari penyalahgunaan narkotika serta bebas dari catatan hukum. 

"Pokoknya bagi KPU syaratnya terpenuhi, latar belakang itu bukan menjadi salah satu syarat. Harus organisasi ini, organisasi itu, enggak ada," pungkasnya. 

Diketahui Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra mengatakan partainya menerima bakal calon legislatif yang mau mendaftar dari mana saja asal bukan PKI dan kalangan penista agama. 

Penegesan itu dikemukakan Yusril menanggapi luasnya pemberitaan bahwa PBB menerima bacaleg mantan anggota HTI dan anggota Front Pembela Islam (FPI). 

“Kami menerima bacaleg bukan saja eks HTI dan anggota FPI, tapi dari semua latar belakang ormas Islam di tanah air,” kata Yusril di Jakarta, Selasa (13/3).

Gerindra Yakin Prabowo Berpeluang Besar untuk Menang

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata