logo


Ingin Jadi Perusahaan Kelas Dunia, PLN Usung Jurus Jitu Ini

Standar ini secara resmi telah diluncurkan secara internal pada Februari 2018 lalu, dengan proyek percontohan penerapan di PLN Regional Jawa Bagian Barat.

13 Maret 2018 07:30 WIB

Ilustrasi, gedung PLN.
Ilustrasi, gedung PLN. Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT PLN (Persero) menargetkan masuk dalam jajaran perusahaan kelas dunia. Salah satu strategis dengan menerapkan standar baru pelayanan yang disebut PS4 atau Perilaku Sikap, Senyum, Salam, dan Sapa.

Standar ini secara resmi telah diluncurkan secara internal pada Februari 2018 lalu, dengan proyek percontohan penerapan di PLN Regional Jawa Bagian Barat.

‎Direktur Human Capital Management PT PLN (Persero), Muhammad Ali, mengatakan, sebagai tahap awal, PS4 ini didesain dan diimplementasikan untuk seluruh Petugas Pelayanan Teknik. PS4 ini merupakan pedoman tentang bagaimana kepatuhan petugas terhadap Standard Operational Procedure (SOP) yang telah ditentukan.


PP Batu Bara untuk Listrik Akan Terbit Pekan Ini, Jonan Pastikan PLN Tak Rugi

"Penampilan petugas dimulai dari seragam yang dikenakan, kerapian penampilan fisik, ‎keramahan, serta etika berkomunikasi dengan pelanggan," papar Ali dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (12/3).

Sementara itu, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PT PLN (Persero), Haryanto WS, mengatakan, sebagai regional yang ditunjuk untuk pilot project penerapan standar PS4, pihaknya hadir bersama dengan direktur utama dari masing-masing perusahaan penyedia tenaga pelayanan teknik, menandatangani komitmen untuk senantiasa disiplin menerapkan standar layanan PS4 dengan mengutamakan response, recovery, quality, integrity, dan safety, dalam memberikan pelayanan bagi pelanggan PLN.

Kemudian, General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya, M. Ikshan Asaad, menyampaikan dukungan penuh terhadap penerapan standar baru pelayanan PS4 ini. Dalam menjaga keandalan dan melayani kelistrikan Ibu Kota Negara, Ikhsan menyiapkan pasukan pelayanan teknik yang terpercaya, menjalankan standar PS4 dan menjunjung tinggi integritas.

Selain itu, keandalan pasokan listrik Ibukota di segala kondisi kini dapat dilayani dengan inovasi power bank 'Express Power Service' untuk kegiatan outdoor, SPLU untuk infrastruktur charging station kendaraan listrik, serta layanan prioritas bagi pelanggan yang tergabung menjadi pelanggan premium.

Selain peninjauan kesiapan pasukan dan peralatan, dalam kesempatan ini PLN juga menampilkan layanan yang tengah dikembangkan yaitu Q-Ins atau Quick and Quality Electrical Installer dari PT Haleyora Power, yang merupakan salah satu anak perusahaan PLN. Q-Ins dikembangkan sebagai solusi layanan lengkap dari PLN, khususnya di bidang instalasi listrik milik pelanggan.

PLTMG di Bintan Terlambat Beroperasi, PLN: Kami Rugi Rp 15 Miliar

Halaman: 
Penulis : Riana