logo


Pertamina Akan Ubah Strategi Demi Ciptakan Value Creation Lebih Besar

Di tengah dinamika bisnis migas yang sangat menantang, pekerja Pertamina dituntut keluar dari zona nyaman dan lebih kreatif dalam berinovasi

12 Maret 2018 17:00 WIB

Dirut Pertamina Elias Massa Manik mengunjungi stand saat kegiatan Annual Pertamina Quality Award 2017 di Gedung Pertamina, Jakarta, Senin (12/3).
Dirut Pertamina Elias Massa Manik mengunjungi stand saat kegiatan Annual Pertamina Quality Award 2017 di Gedung Pertamina, Jakarta, Senin (12/3). Dok. Pertamina

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Elia Massa Manik, menyatakan bahwa institusinya akan mengubah strategi untuk menciptakan value creation atau penciptaan nilai tambah agar memberikan manfaat langsung bagi perusahaan yang lebih besar.

“Salah satu new roadmap yang akan kami launching, gas, dan petrochemical produk turunan yang menghasilkan value creation besar,” tutur Elia pada pembukaan Annual Pertamina Quality (APQ) Award 2018 di Jakarta, Senin (12/3).

Elia pun melanjutkan, di tengah dinamika bisnis migas yang sangat menantang, pekerja Pertamina dituntut keluar dari zona nyaman dan lebih kreatif dalam berinovasi dan melakukan perbaikan berkelanjutan dalam kegiatan bisnis sehari-hari.


Pertamina Klaim Belum Ditugasi untuk Kelola 8 Blok Migas Terminasi

“Harus keluar dari commodity track. Itu harus ada di setiap insan Pertamina. Caranya dengan teknologi,” ujar dia.

Menurutnya, posisi Pertamina saat ini sudah jauh tertinggal dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan lain yang memiliki model bisnis serupa. Karenanya, kata dia, untuk mengejar ketertinggalannya, inovasi menjadi harga mati.

“Saya sampaikan tahun depan inovasi yang arahnya petrochemical mulai jadi topik pembicaraan. Yang kami punya sekarang terlalu kecil,” tegas Massa.

Sebagai informasi, APQ Awards merupakan kegiatan tahunan yang melibatkan seluruh insan mutu Pertamina dan 12 Kategori penghargaan. Adapun, APQ Awards tahun ini mengusung tema “Insan Mutu Bersinergi Mendukung Pelaksanaan 8 Prioritas World Class Pertamina dalam Mencapai Visi Perusahaan”.

Terdapat 27 program inovasi unggulan dari berbagai lini dari produksi hulu, marketing, dan teknologi yang dipamerkan dalam pameran tersebut. Dengan total 2.661 inovasi yang terdaftar, jumlah inovasi tersebut meningkat 14 persen dari tahun sebelumnya yang berjumlah 2.330 yang berlangsung hingga Rabu (14/3).

Hasil inovasi pekerja Pertamina ini tidak sekadar diterapkan di lingkungan perusahaan, tetapi juga telah diakui dalam forum inovasi internasional. Beberapa di antaranya hasil inovasi tersebut juga telah mendapatkan hak paten.

Jumat Besok, Pemerintah Akan Serahkan Saham PGN ke Pertamina

Halaman: 
Penulis : Riana