logo


Lakukan Audiensi dengan Freeport, Ketua MPR Beberkan Hal Ini..

Zulkifli mengatakan, dari hasil audiensi tersebut, PT Freeport membantah telah melakukan PHK secara sepihak.

12 Maret 2018 16:20 WIB

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan.
Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan. mpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, melakukan audiensi dengan Direksi PT Freeport Indonesia, Senin (12/3). Adapun, pertemuan ini digelar guna membicarakan beredarnya kabar bahwa Freeport Indonesia melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada sekitar 3.000 karyawannya.

Zulkifli mengatakan, dari hasil audiensi tersebut, PT Freeport membantah telah melakukan PHK secara sepihak.

"Barusan dari perusahaan Freeport datang ke sini menyampaikan kepada kami MPR, mengenai sengketa dengan 3.000 lebih karyawan Freepor,t dimana karyawan mengatakan di PHK sepihak. Tapi perusahaan menjelaskan tidak benar mem-PHK sepihak,” ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/3).


Bamsoet Siap Fasilitasi Komunikasi Antara Freeport dengan Para Pekerjanya

Lebih jauh, Ketua Umum PAN ini mengatakan bahwa dirinya juga akan mendengar penjelasan dari pihak karyawan yang mewakili dari 3.000 karyawan. Pasalnya, pihaknya juga telah menerima laporan beserta data dari Freeport.

"Tentu dari prusahaan saya dengar saya minta datanya lengkap sudah diberikan. Itu saya terima laporan mereka. Dari pihak perusahaan tentu nanti saya akan mendengar juga dari teman-teman perwakilan yang dari 3.000 itu,” tambahnya.

Zulkifli berpendapat bahwa penyelesaian persoalan tersebut harus diselesaikan dengan kemufakatan bersama antara perusahaan dengan karyawan, dan tidak dapat diselesaikan jika hanya mencari siapa yang salah dan benar antara diantara keduanya.

"Tadi karena bersepihak, sebelah belum saya dengar, itupun saya juga sudah menyampaikan pendapat saya. Kita kalau menang-menangan, kalau semua ikut teks hukum saya bilang tidak akan selesai-selesai. Yang perlu dicari adalah win-win solution,” pungkasnya.

 

Tiga Hal yang Jadi Pemicu Masalah Ketenagakerjaan di Freeport Indonesia Versi Lokataru

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana