logo


Minum Banyak Air Putih Berbahaya?

Ginjal manusia yang sehat mampu menyaring up to 1 liter setiap jam.

12 Maret 2018 16:30 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tujuh puluh persen tubuh manusia terdiri dari air. Tak heran cairan sangat penting bagi kesehatan dan kelangsungan hidup kita.

Minum air cukup setiap hari sangat penting untuk menjaga fungsi organ tubuh Anda dan mencegah ketidakseimbangan elektrolit. Namun minum terlalu banyak air justru bisa membahayakan kesehatan lho.

Anda mungkin bertanya-tanya, berapa takaran pasti air yang dapat dikonsumsi manusia? Pada dasarnya semua itu tidak dapat ditentukan dengan satu angka saja. Tergantung pada usia dan pola hidup masing-masing. Yang kita bahas di sini adalah apa yang disebut dengan 'keracunan air' alias mengonsumsi terlalu banyak air atau yang disebut dengan Intoxication lengkap dengan efeknya.


Nih Cara Murah Atasi Kanker Sejak Dini

Apa itu intoxication?
Intoxication merupakan keracunan air yang membuat tubuh kekurangan konsentrasi natrium darah. Sehingga menyebabkan air masuk ke sel dan membuat sebuah efek yang cukup berbahaya, terutama pada otak.

Gejala intoxication
Ketika intoxication, air akan memicu sel-sel otak manusia membengkak, mereka menekan permukaan bagian dalam tengkorak, dan menghasilkan sakit kepala yang sangat mengganggu, mual, serta muntah yang begitu menyiksa.

Gejala lain dari intoxication adalah tekanan darah tinggi, penglihatan kacau, tremor, kelemahan pada otot, dan sulit bernapas. Intoxication yang parah dapat menyebabkan kematian. Biasanya terjadi pada tentara atau atlet yang sering salah mengartikan dehidrasi dan intoxication.

Berapa air yang layak dikonsumsi?
Sekali lagi, tidak ada angka pasti. Hal itu tergantung pada dua faktor umum, yakni filtrasi ginjal dan durasi waktu Anda minum.

Pertama, ginjal manusia yang sehat mampu menyaring up to 1 liter setiap jam. Jadi, jika Anda akhirnya minum lebih dari itu, maka risiko intoxication mengincar Anda. Dan risiko itu akan lebih tinggi bagi penderita penyakit ginjal kronis atau hanya dengan satu ginjal fungsinal.

Durasi waktu juga sangat penting. Misalnya minum 10-20 liter dalam beberapa jam. Itu jelas akan meningkatkan risiko keracunan air secara drastis. Tapi melakukan hal yang sama selama 24 jam itu tidak masalah.

Lantas, yang paling ideal untuk tubuh adalah yang sesuai dengan fisik Anda, kondisi mesi dan tingkat mobilitas. Tapi jika ingin dirata-rata, pria umumnya harus minum 3,7 liter per hari dan wanita 2,7 liter per hari.

Bahaya, Jangan Suka Cium Bayi di Bagian Bibir!

Halaman: 
Penulis : Uty Saifin Nuha