logo


KESDM Keluarkan Surat Edaran Demi Mencegah Penyalahgunaan BBM

Belakangan, KESDM menenggarai adanya pembelian BBM dari luar badan usaha pemilik izin usaha niaga migas.

12 Maret 2018 09:46 WIB

Selang pengisian BBM.
Selang pengisian BBM. Dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Guna mencegah terjadinya penyalahgunaan BBM bersubsidi, Kementerian ESDM pun baru-baru ini mengeluarkan surat edaran agar badan usaha di sektor ESDM, seperti perusahaan migas atau perusahaan batubara membeli BBM dari badan pemilik izin usaha niaga migas.

"Surat edaran untuk memastikan misalkan perusahaan-perusahaan besar kaya pertambangan, mereka harus beli kepada badan usaha yang benar-benar punya izin," tutur Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ego Syahrial, di Jakarta, belum lama ini.

Ego menuturkan, selama ini badan usaha di sektor energi dan mineral telah membeli dari badan usaha pemilik izin usaha niaga migas. Namun belakangan, pihaknya menenggarai adanya pembelian BBM dari luar badan usaha pemilik izin usaha niaga migas.


KESDM Kembali Sederhanakan Permen Distribusi BBM Hingga LPG

"Karena ditengarai ada juga orang bisa beli dari tempat macam-macamlah. Jadinya lebih baik kami ingatkan," kata Ego.

Lebih jauh, Ego menegaskan, dengan surat edaran ini, maka pelaku industri hanya boleh membeli BBM dari badan usaha pemegang izin usaha niaga migas.

“Jika badan usaha bisa mendapatkan harga BBM yang jauh lebih murah dari luar negeri, maka pemerintah memperbolehkan badan usaha tersebut untuk mengimpor BBM, asalkan sudah terlebih dahulu mendapatkan izin usaha dari pemerintah, tuntas Ego.

 

BRI Gaet Pertamina Dukung Gerakan Non Tunai Pembelian BBM di SPBU

Halaman: 
Penulis : Riana