logo


KESDM Keluarkan PP Tentang Harga Penjualan Batu Bara

Pemerintah akan terus mendukung PLN menekan harga pembelian batu bara demi kepentingan dalam negeri agar tidak terjadi kenaikan tarif listrik

9 Maret 2018 14:38 WIB

Logo Kementerian ESDM.
Logo Kementerian ESDM. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengeluarkan PP tentang penetapan harga penjualan mineral, logam dan batu bara.

"Beberapa hari lalu sudah dikeluarkan PP Nomor 8 Tahun 2018 tentang perubahan kelima PP 1 Tahun 2014 tentang Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara, dan Peraturan Menteri ESDM Nomor 19 Tahun 2018 tentang perubahan kedua Permen ESDM Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penetapan Harga Patokan Penjualan Mineral, Logam dan Batu Bara," kata Agung perwakilan dari ESDM di gedung Kementerian ESDM, Jakarta, pada hari Jumat (9/3).

Dalam hal ini pemerintah akan terus mendukung PLN menekan harga pembelian batu bara demi kepentingan dalam negeri agar tidak terjadi kenaikan tarif listrik.


KESDM Usulkan Tambahan Subsidi Solar Jadi Rp 700

"Kita ketahui bahwa PLT PLN ini sekitar 57 persen bahan primernya ini dari batu bara dengan harga HBA saat ini mencapai 101, maka saat ini pemerintah menetapkan harga batu bara untuk kepentingan dalam negeri," ujarnya.

Selain itu, ESDM juga membuat Kepmen yang isinya adalah harga batu bara untuk kebutuhan dalam negeri tidak lebih dari 70 dollar.

"Sudah dibuat Kepmen yaitu Kepmen 1395 Tahun 2018 yang pokok-pokok pentingnya adalah pertama, selain HBA harga internasional indeks, juga ditetapkan harga batu bara untuk kebutuhan dalam negeri khususnya untuk pembangkit tenaga listrik sebesar 70 dollar," ucapnya.

Jika ke depannya HBA di atas 70 dollar maka PLN akan mengambil dengan harga 70 dollar, tidak lebih dari itu.

"Ini fixed apabila ke depan HBA di bawah 70 dollar maka yang diambil adalah yang lebih rendah".

Keputusan menetapkan harga 70 dollar untuk dalam negeri ini telah disetujui melalui diskusi antara beberapa pihak.

"Pertimbangan 70 dollar tentunya telah melalui diskusi panjang dengan APBI, dengan mineral dan batu bara serta para pengusaha," lanjutnya.

Tidak hanya itu, ESDM mengeluarkan PP ini dengan tujuan agar harga listrik tidak naik.

"Tentunya PP ini dikeluarkan dengan mempertimbangkan daya beli masyarakat, daya saing industri dan harga listrik", pungkasnya.

PP Batu Bara untuk Listrik Akan Terbit Pekan Ini, Jonan Pastikan PLN Tak Rugi

Halaman: 
Penulis : Irvan Alfaris, Aurora Denata