logo


Sophia Latjuba Dihujat Netizen, Gara-gara Ogah Dipanggil Tante

Untuk menunjukkan sopan santun terhadap orang yang lebih tua cukup melalui perilaku dan tata krama yang sopan.

7 Maret 2018 07:00 WIB

Sophia Latjuba saat berkunjung ke Kantor Balai Kota Jakarta.
Sophia Latjuba saat berkunjung ke Kantor Balai Kota Jakarta. Instagram @sophia_latjuba88

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sophia Latjuba tak mau dipanggil tante? Ya, lewat unggahan Instagram Story, Sophia mengumumkan tidak ingin dipanggil Mami, Bunda ataupun Tante. Menurutnya, panggilan tersebut hanya untuk anak-anaknya bukan untuk orang lain apalagi yang baru dikenal.

“My children should be the only ones calling me Mommy. And don’t start with Bunda please. Kecuali saya adalah kakak dari Ibu atau Ayahmu, juga jangan panggil saya Tante,” tulis artis keturunan Jerman tersebut di insta storynya pada hari Senin (5/3).

Menurutnya, imbuhan kata tersebut tidak diperlukan. Untuk menunjukkan sopan santun terhadap orang yang lebih tua cukup melalui perilaku dan tata krama yang sopan.


Sophia Latjuba Beberkan Arti Tatonya yang Menggunakan Bahasa Arab

“In my (humble) opinion, utk saya, tambahan bunda, tante, mbak, kakak, dll nggak diperlukan. Menghargai dan respect itu datang dari manners dan perilaku kita, bukan dari imbuhan nama,” tuturnya.

Sophia juga menyarankan agar sebaiknya menanyakan kepada orang yang bersangkutan ingin dipanggil apa. “If I meet someone for the first time, I usually ask the person how they prefer to be called,” sambung wanita bertato tersebut.

Sophia mengaku lebih suka dipanggil dengan nama depannya. “Feel free to call me Sophia (cause that’s my name) or Mrs. Latjuba in formal settings,” kata mantan istri Indra Lesmana ini.

Pernyataan Sophia menimbulkan komentar beragam dari netizen. Seperti di akun gosip @makrumpita, ada yang menilai, itu adalah hak Sophia, namun ada juga yang berpendapat karena Indonesia masih menghormati orang yang lebih tua.

“apalagi di Jawa.. Bahasa aja dibedain mana sesama teman mana yg harus dpke utk orang tua.. Klo dia tinggal di luar trus protes kaya gini sih logis.. Laaaahh inii tingg dimanakah diaa??,” komentar warganet.

“Gimana nanti kalo anak kecil *keponakan panggilnya? Aunty? Sama aja tante kali,” ujar warganet. “ Yaampun segala panggilan aja di ributin. Org umurnya sgtu ya wjarlah. Lgian tinggal di Indonesia ini, ky ngga ngrti budaya nya aja. Lgian panggilan doank,” tulis yang lain.

Ada Berapa Karakter Netizen yang Ngeselin?

Halaman: 
Penulis : Uty Saifin Nuha