logo


Selain Cabut 186 Perizinan, Jonan Pastikan Tarif Listrik dan BBM Tak Akan Naik

Jonan mengatakan, penyederhanaan perizinan merupakan amanat Presiden RI Joko Widodo agar menumbuhkan daya saing ekonomi buat dunia usaha.

6 Maret 2018 09:53 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan.
Menteri ESDM Ignasius Jonan. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, menyampaikan beberapa hasil rekapitulasi penyederhanaan atau pencabutan peraturan.

"Regulasi yang dicabut atau direfisi totalnya 90 dan sertifikasi, rekomendasi, dan perizinan yang dicabut 96. Total yang 186," ujarnya di gedung Kementrian ESDM, Jakarta, Senin (5/3).

Adapun peraturan yang dicabut, dari sub sektor Dirtjen Migas sebanyak 14 regulasi dan 23 sertifikasi dan Ditjen Ketenagalistrikan sebanyak 20 aturan.


2021, Jonan Optimis Penggunaan EBT Bisa Capai 18%

Kemudian, dari Ditjen Minerba 32 regulasi dan membatalkan 64 sertifikasi atau rekomendasi, Ditjen EBTKE mencabut 5 regulasi dan 9 sertifikasi, serta SKK Migas 12 regulasi serta BPH Migas 3 aturan yang dicabut.

"Minerba ini paling banyak mencabut dan merevisi 32 regulasi dan mencabut atau membatalkan 64 sertifikasi atau rekomendasi. Ditjen EBT mencabut 5 regulasi dan mencabut 9 sertifikasi. SKK Migas mencabut 12 dan BPH Migas mencabut 3," lanjutnya.

Jonan melanjutkan, penyederhanaan perizinan merupakan amanat Presiden RI Joko Widodo agar menumbuhkan daya saing ekonomi buat dunia usaha.

"Sesuai arahan Bapak Presiden bahwa kita harus business friendly, investment friendly. Tujuannya supaya kita dapat menciptakan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi akan tetap bisa meningkat," imbuh Jonan.

Selain itu, Jonan juga menyampaikan kalau tarif listrik dalam jangka waktu 2 tahun ke depan tidak akan meningkat.

"Keputusan pemerintah, tarif listrik PLN untuk tahun ini dan tahun depan tidak akan naik. Komisi 7 juga mendukung tarif listrik tidak naik," ujarnya.

"Akan diatur harga batu bara untuk kelistrikan yang dapat mempertahankan harga tarif listrik pada level atau harga saat ini sampai akhir tahun 2019. Dan tidak membuat PLN akan merugi yang luar biasa", lanjutnya.

Tak hanya tarif listrik, harga BBM, yaitu Premium dan Bio Solar pun juga tidak akan mengalami kenaikan.

"Harga Premium tetap dipertahankan tidak naik ini semaksimal yang kita bisa. Bio Solar juga dipertahankan tidak naik dan kita akan konsultasi kepada Komisi 7," tuntasnya.

Jonan: Tak Mudah Kejar Target Penggunaan EBT

Halaman: 
Penulis : Irvan Alfaris, Riana